in

Waspadai, Ini Gejala Serangan Jantung Pada Wanita

Gejala Serangan Jantung Pada Wanita

Gejala serangan jantung pada wanita pada umumnya tidak jauh berbeda dengan pria. Meskipun begitu, ada beberapa kondisi lain yang perlu disadari keberadaannya, sehingga saat merasakan tanda-tanda tersebut tidak terlambat untuk diberikan penanganan.

Khusus untuk wanita, gejala serangan jantung biasanya tidak terasa seperti gejala yang terjadi pada pria. Hal ini terkadang membuat wanita tidak menyadari bahwa sedang mengalami sakit jantung dan datang ke dokter dengan kondisi yang cukup parah.

Pada umumnya gejala serangan jantung yang sering dialami oleh wanita dianggap sebagai penyakit biasa seperti flu. Padahal, apabila tidak ditangani sedini mungkin, risiko terjadinya penyakit jantung yang lebih parah dapat berkurang secara signifikan.

Baca jugaJenis, Penyebab dan Gejala Penyakit Jantung Yang Harus Anda Ketahui

Berikut ini Gejala Serangan Jantung pada Wanita yang Sering Terjadi

1. Nyeri Pada Bagian Dada

Seringkali merasakan nyeri dada merupakan salah satu gejala serangan jantung. Pada wanita biasanya terasa di bagian tengah dan bertahan selama beberapa menit.

Pada kondisi tertentu, nyeri tersebut basanya pergi dengan sendirinya kemudian terasa kembali.
Rasa tidak nyaman biasanya juga muncul di dada, terasa seperti ditekan dengan beban yang berat sehingga dada terasa penuh dan sakit.

2. Sesak napas

Kesulitan bernapas tidak hanya terjadi pada penderita yang mengalami gangguan di paru-paru. Wanita yang mengalami serangan jantung juga akan merasakan sesak nafas, terutama apabila dalam kondisi berbaring.

Saat posisi kembali duduk, rasa sesak napas bisa saja hilang atau membaik.
Apabila merasakan napas terasa pendek-pendek dan lebih berat dan terasa ada rasa nyeri di area dada, kemungkinan itu adalah gejala serangan jantung.

3. Nyeri Pada Rahang, Leher dan Punggung

Nyeri yang terjadi pada rahang, leher, dan punggung juga merupakan ciri-ciri serangan jantung pada wanita, terutama tidak dapat merasakan bagian mana yang pasti yang menjadi sumber nyeri.

Biasanya rasa nyeri terasa semakin parah apabila melakukan kegiatan fisik seperti berolahraga dan akan berhenti sesaat apabila sudah beristirahat.

Pada beberapa wanita, rasa nyeri biasanya terjadi di dada lalu menyebar ke area lain di tubuh, termasuk punggung. Rasa sakit dapat muncul secara tibat-tiba, bahkan pada saat tertidur.

Pada rahang wanita nyeri yang muncul akibat serangan jantung biasanya ada di area sebelah kiri bawah.

4. Badan Akan Terasa Sangat lelah

Rasa lelah merupakan hal yang wajar dialami. Meskipun begitu, rasa lelah seperti gejala serangan jantung pada wanita, berbeda dengan rasa lelah akibat terlalu banyak pekerjaan.

Waspadi lelah sebagai gejala serangan jantung apabila:

  • Tidak melakukan kegiatan fisik yang berat tetapi merasakan dada terasa berat dan lemas
  • Melakukan kegiatan fisik biasa seperti naik tangga satu lantai atau berjalan ke kamar mandi sudah membuat kelelahan
  • Merasa sangat lelah tetapi tidak bisa tidur.

5. Gangguan Pencernaan

Rasa tidak nyaman pada wanita yang mengalami serangan jantung dapat terasa pada bagian perut ataupun organ pencernaan lainnya.

Perut biasanya akan terasa nyeri dan terasa tertekan, merasakan mual hingga muntah maupun gangguan pencernaan lainnya.

6. Susah tidur

Wanita yang pernah mengalami gejala serangan jantung akan merasa kesulitan untuk tidur. Gangguan tidur ini juga disertai dengan bangun tengah malam dan merasa lelah meskipun durasi tidur sudah cukup lama.

7. Sering Berkeringat tanpa Sebab yang Jelas

Keluarnya keringat tanpa sebab yang jelas sering dianggap hal yang biasa, padahal kondisi seperti ini bisa menjadi salah satu ciri-ciri serangan jantung pada wanita yang patut diwaspadai.

Jika sering mengalami berkeringat tanpa sebab yang jelas dan badan terasa dingin dan lengket, sebaiknya segera perhatikan kondisi lain dan segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

What do you think?

Written by Jesica Putri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.