in

Tips Menjaga Kesehatan Untuk Ibu Hamil dan Janin Dalam Kandungan

Kesehatan Untuk Ibu Hamil

Kesehatan untuk Ibu hamil sangat penting, khususnya selama 9 bulan kehamilan. Perlu diketahui, janin akan tumbuh secara sehat sampai waktu kelahirannya apabila ibunya juga dalam kondisi sehat.

Menjaga kesehatan untuk ibu hamil memang terlihat gampang-gampang susah. Tetapi, hal tersebut bukan tidak mungkin terwujud apabila ibu hamil menerapkan berbagai pola hidup sehat.

Bagaimana cara agar kesehatan ibu hamil tetap terjaga selama bayi dalam kandungan? Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda terapkan.

1. Asupan Makanan Bergizi

Kondisi kesehatan Ibu dalam kondisi hamil sangat bergantung pada pola hidup sehat yang diterapkan. Konsumsi variasi makanan sehat yang bergizi tinggi untuk mendukung kesehatan diri sendiri juga janin dalam kandungan.

Makan makanan bergizi dapat membantu untuk menambah stamina, menghindari risiko komplikasi kehamilan dan mengontrol berat badan selama hamil. Dengan menerapkan pola makan yang sehat, kesehatan ibu hamil akan jauh lebih baik.

Ibu hamil yang menerapkan pola makan sehat akan terhindar dari depresi saat hamil. Sebab makanan bergizi akan membantu menstabilkan mood selama kehamilan.

Asupan gizi yang bervariasi akan mendukung kelancaran proses tumbuh kembang bayi dan kesehatan ibu hamil. . Selain itu juga dapat membantu menjaga berat janin tetap sehat dan mencegah risiko bayi mengalami cacat lahir.

Makanan bernutrisi yang wajib dikonsumsi selama ibu hamil agar kesehatan tetap terjaga diantaranya adalah:

  • Makanan yang mengandung banyak berprotein, seperti telur yang dimasak matang, dada ayam, dan gandum utuh (roti gandum dan beras merah).
  • Buah-buahan yang mengandung vitamin C, seperti buah jeruk, jambu biji dan stroberi.
  • Makanan dan minuman mengandung kalsium, seperti susu yang dipasteurisasi dan sayuran berwarna hijau.
  • Makanan kaya zat besi, seperti brokoli dan kacang-kacangan.
  • Makanan yang mengandung lemak sehat, misalnya ikan salmon (dimasak matang) dan buah alpukat.
  • Makanan yang mengandung asam folat, seperti kuning telur dan bayam.

2. Minum Vitamin Prenatal

Vitamin prenatal sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan untuk ibu hamil sehingga dapat membantu memenuhi sekaligus memberikan nutrisi tambahan yang dibutuhkan janin dalam kandungan.

Vitamin pranetral baik diminum sejak sebelum hamil karena mengandung asam folat dari vitamin B. Asam folat berperan penting dalam perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi.

Asam folat juga bermanfaat untuk mencegah risiko bayi lahir cacat serta menjaga kesehatan ibu hamil.

Konsultasikan dengan dokter tentang vitamin prenatal apa yang Anda benar-benar butuhkan. Apabila minum vitamin hamil membuat ibu mual, coba minum di waktu malam hari atau dimakan bersama dengan buah pisang.

3. Rutin Berolahraga

Ibu hamil bukan menjadi satu alasan untuk tidak berolahraga, sebab olahraga menjadi bagian penting dari pola hidup sehat ibu hamil untuk menjaga kesehatan.

Olahraga bermanfaat membantu melancarkan sirkulasi darah serta oksigen dalam tubuh, memperkuat otot, dan mengurangi stres saat hamil. Selain itu, olahraga juga dapat mendukung kecerdasan bayi sejak dalam kandungan.

Luangkanlah waktu 30 menit setiap hari untuk berolahraga demi kesehatan ibu hamil. Pilih olahraga yang aman untuk ibu hamil.

Tidak perlu berolahraga yang berat. Kegiatan fisik ringan seperti jalan santai, renang, atau bahkan yoga, umumnya aman dilakukan sepanjang usia kehamilan.

4. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Berat badan sangat berpengaruh pada kesehatan untuk ibu hamil dan bayi. Perlu diketahui, pertambahan berat badan menunjukkan kebaikan status gizi ibu hamil dan perkembangan janin dalam kandungan.

Tetapi, bukan berarti ibu hamil harus makan sebanyak-banyaknya. Frekuensi waktu makan, porsi, dan jenis makanannya harus benar-benar diperhatikan agar tidak sampai kelebihan berat badan.

Baca jugaPengaruh Obesitas Saat Proses Kehamilan

Kelebihan berat badan ketika hamil dapat membuat kacau pola hidup sehat Ibu yang telah dijalankan. Untuk itu, sebaiknya konsultasi ke dokter kandungan untuk mendapatkan rekomendasi bagaimana cara menjaga berat badan ideal saat hamil.

5. Istirahat yang Cukup

Istirahat atau tidur yang cukup merupakan salah satu bagian penting dari pola hidup sehat ibu hamil. Sebab selama hamil akan lebih mudah ngantuk di siang hari dan sulit tidur di malam hari karena adanya perubahan hormon.

Hal ini biasanya akan membuat Anda jadi kurang tidur karena jadwal tidur yang tidak menentu. Parahnya lagi, kurang tidur selama kehamilan dikaitkan dengan komplikasi seperti preeklampsia dan berisiko lahir caesar.

Solusinya, segera pergi tidur ketika Anda merasa capek atau ngantuk. Sering-seringlah tidur siang untuk mencukupi waktu tidur Anda.

Ibu hamil sebenarnya dianjurkan untuk tidur malam lebih lama dari biasanya selama tiga bulan pertama kehamilan. Banyak tidur juga dianjurkan untuk membantu proses persalinan lebih lancar dan membuat kesehatan ibu hamil tetap terjaga.

What do you think?

Written by Jesica Putri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.