in

Tips Diet Vegetarian untuk Menjaga Berat Badan

Diet vegetarian

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan berat badan, Ada beberapa jenis diet yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap optimal. Menjalankan diet sehat juga akan  dapat mengontrol berat badan tsehingga terhindar dari obesitas. Salah satu jenis diet yang dapat Anda coba adalah diet vegetarian.

Diet vegetarian adalah salah satu jenis program diet yang dapat menurunkan berat badan dengan mengonsumsi makanan nabati.

Apabila dilakukan secara rutin dan direncanakan dengan baik, diet vegetarian dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Tips Diet Vegetarian yang Tepat

Apabila ingin menjaga tubuh tetap sehat dan berat badan selalu terjaga, Anda bisa mencoba diet vegetarian. Seseorang yang menjalani diet vegetarian tidak mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan termasuk telur, keju, atau susu.

Diet vegetarian hanya mengonsumsi makanan yang berasal dari tumbuhan saja, seperti sayur, buah, kacang-kacang, dan biji-bijian. Apabila mengonsumsi susu, yaitu susu yang berasal dari kacang, seperti kacang kedelai atau kacang almond.

Menurut beberapa penelitian menjalankan diet vegetarian dapat membantu menurunkan berat badan karena akan mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi.

Baca jugaMenu Diet Sehat 30 Hari Yang Gampang Dan Praktis

Dengan mengkonsumsi vegetarian akan lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat, sehingga merasakan kenyang lebih lama.

Namun, jangan asal saat melakukan diet vegetarian. Sebaiknya lakukan beberapa tips ini agar kamu bisa mengontrol berat badan dan membuat kesehatan tubuh tetap optimal.

1. Jam Makan Tepat Waktu

Jam makan secara rutin merupakan kebiasaan baik yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Apabila jadwal makan tidak teratur, akan membuat manfaat diet vegetarian tidak maksimal.

Sebaiknya pastikan kamu menjalani jadwal makan yang kamu buat secara rutin. Sarapan menjadi waktu makan yang penting jika kamu ingin menurunkan berat badan.

2. Perhatikan Porsi Makanan

Sebaiknya perhatikan pula porsi makanan setiap makan. Pastikan juga mengonsumsi makanan dengan jumlah porsi yang tepat. Hindari mengonsumsi makanan secara berlebihan.

Apabila Anda mengonsumsi makanan dalam jumlah berlebih juga dapat meningkatkan berat badan.

3. Penuhi Kebutuhan Protein dan Serat

Jangan lupapula untuk memenuhi kebutuhan protein ketika menjalankan diet vegetarian. Ada berbagai jenis makanan yang menjadi sumber protein seperti tempe, tahu, kacang kedelai, dan quinoa.

Selain protein, serat merupakan nutrisi saat menjalani diet vegetarian. Ketika Anda memenuhi kebutuhan serat tubuh, Anda dapat merasakan kenyang yang lebih lama, sehingga membantu dalam proses menurunkan dan mengontrol berat badan.

4. Konsumsi Lemak Sehat

Jangan lupa untuk menambahkan asupan lemak sehat, seperti alpukat, minyak zaitun, atau kacang-kacangan. Dengan memenuhi kebutuhan lemak sehat, maka kamu bisa mendapatkan berat badan yang sesuai dengan keinginanmu.

5. Hindari Makanan Vegetarian Cepat Saji

Saat ini banyak sekali ditemukan makanan vegetarian dengan sistem sajian cepat saji, tetapi sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan jenis ini.

Pastikan Anda mengolah makanan secara tepat agar manfaatnya dapat dirasakan dengan baik.

6. Batasi Konsumsi Camilan

Perhatikan pula jumlah camilan yang dikonsumsii setiap hari, meskipun terdapat label vegan/vegetarian pada kemasan camilan, bukan berarti makanan ini menjadi lebih sehat.

Pastikan jumlah camilan yang Anda konsumsi tidak berlebihan. Anda bisa mengganti camilan dengan mengonsumsi makanan lainnya seperti buah atau salad sayur.

Untuk mengetahui lebih lengkap dan tepat mengenai diet vegetarian, sebaiknya Anda berkonsultasi pada dokter spesialis gizi.

What do you think?

Written by Jesica Putri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.