in ,

Menu Diet Sehat Seminggu Untuk Pemula

Menu diet sehat seminggu untuk pemula

Mengatur diet sehat tidak hanya bermanfaat membantu menjaga berat badan ideal namun juga membantu menjaga kesehatan tubuh. Menjalani diet sehat sejak dini secara konsisten sangat baik untuk mencegah penyakit kronis di masa tua. Ada beberapa menu diet sehat seminggu untuk pemula yang bisa dicoba.

Menjadikan menu diet sehat sebagai santapan setiap hari tentu memiliki tantangan tersendiri. Apalagi saat ini banyak makanan tidak sehat yang dijajakan di sekeliling kita. Untuk mencegah keinginan mengkonsumsi makanan tidak sehat, rekomendasi menu diet sehat di bawah ini diharapkan dapat membantu Anda.

Komposisi diet sehat sangat bergantung kepada karakteristik dan kondisi setiap individu. Secara umum, makanan sehat memiliki kandungan lemak, kalori, gula dan garam yang lebih rendah. Diet sehat akan lebih banyak mengandung serat, multivitamin, dan mineral dari buah, sayur, biji-bijian dan daging tanpa lemak.

  1. Menu Diet Sehat Hari Pertama

Menu sarapan bisa berupa segelas air susu, oatmeal, sebutir telur rebus dan irisan buah-buahan. Seluruh menu tersebut sudah mengandung cukup protein, kalori, multivitamin, serat, dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Menu makan siang di hari pertama adalah nasi merah, sepotong ikan bakar ukuran sedang, cap cay sayur jamur dan seledri, sepotong besar buah semangka. Menu diet sehat ini sudah terdiri dari karbohidrat, serat, protein hewani dan nabati, multivitamin, mineral dari beragam sumber.

Untuk menu makan malam adalah nasi merah, satu butir telur pindang, seporsi cah kangkung, sambal secukupnya dan satu buah pisang. Pastikan Anda makan malam tidak lebih dari pukul 7 malam agar masih ada cukup waktu organ pencernaan untuk mencerna makanan Anda sebelum tidur.

  1. Menu Diet Sehat Hari Kedua

Buat menu sarapan praktis dari roti gandum dengan olesan selai kacang serta topping buah-buahan segar. Disarankan membuat selai kacang sendiri yang rendah gula dan juga tanpa pengawet.

Sementara untuk menu makan siang terdiri dari nasi putih sebagai sumber karbohidrat, dada ayam panggang, sayur bayam kukus sebagai lalapan dengan sambal bawang. Untuk penutupnya, Anda bisa mengkonsumsi beberapa potong buah mangga dan melon.

Menu diet sehat seminggu untuk pemula

Menu makan malam terdiri dari sedikit porsi nasi putih untuk mengurangi kalori yang dikonsumsi, lauk dari sop ikan patin yang diberi irisan wortel dan juga kubis. Sebagai makanan penutupnya konsumsilah beberapa potong buah.

  1. Menu Diet Sehat Hari Ketiga

Di hari ketiga, Anda bisa mengkonsumsi sandwich telur dadar sebagai sumber protein hewani. Tambahkan irisan tomat segar dengan seledri untuk sumber seratnya. Anda juga bisa menambahkan sedikit parutan keju di atasnya.

Untuk menu makan siang sehat terdiri dari nasi putih dengan sayur capcay dari brokoli, wortel serta sayur yang Anda sukai. Untuk lauknya Anda bisa mengkonsumsi daging sapi rendah lemak yang dipanggang sebelumnya. Sementara makanan penutupnya Anda bisa mengkonsumsi seporsi buah papaya.

Pada makan malam, Anda bisa mengkonsumsi sedikit nasi merah, cah brokoli jamur untuk sayurnya ditambah sedikit udang untuk sumber protein hewani. Terakhir konsumsi sepotong besar melon untuk buah-buahannya.

Baca Juga: 5+ Ramuan Tradisional untuk Menurunkan Berat Badan dan Mengecilkan Perut

  1. Menu Diet Sehat Hari Keempat

Pada hari keempat, Anda bisa mengkonsumsi bubur dari beras putih, satu butir telur rebus, sambal secukupnya, dan cah brokoli jamur. Dalam menentukan menu diet sehat seminggu untuk pemula sangat disarankan untuk mengganti menu makanan setiap hari agar nutrisi yang diperoleh lebih bervariasi.

Untuk makan siangnya Anda bisa mengkonsumsi nasi merah, sepotong pepes ayam bumbu kuning yang sudah dibuang kulitnya, sayur sop dari sawi dan wortel. Untuk sumber serat dari buah-buahannya Anda bisa mengkonsumsi sepotong besar buah papaya.

Sebagai menu malamnya Anda bisa mengkonsumsi nasi merah dengan sop daging tuna yang diberi irisan sayur tomat, wortel dan juga seledri. Sebagai penutupnya Anda dapat mengkonsumsi jus buah pisang dicampur papaya yang Anda buat sendiri tanpa gula.

  1. Menu Diet Sehat Hari Kelima

Pada hari kelima, Anda bisa membuat menu sarapan yang terdiri dari barley rebus yang diberi irisan buah pepaya dan juga pisang. Sementara untuk sumber proteinnya Anda bisa membuat sate ayam bakar yang tentunya lezat disantap di pagi hari.

Sebagai menu makan siang, siapkan nasi merah dengan lalapan dari sayur kacang panjang, wortel dan juga kangkung yang direbus. Tambahkan bumbu kacang agar rasa sayuran lebih lezat. Anda juga bisa menambahkan tempe serta tahu goreng sebagai sumber protein nabati.

Menu diet sehat seminggu untuk pemula

Untuk menu makan malam yang super simpel, Anda bisa merebus ubi jalar dan juga telur sebagai hidangan utama. Kemudian buat jus sayur segar dan juga buah sebagai sumber serat yang sangat sehat. Beberapa jenis sayur yang enak dijadikan jus adalah seledri, labu siam, bayam dan kale.

  1. Menu Diet Sehat Hari Keenam

Menu diet sehat di hari keenam adalah nasi putih ditambahkan sayur jamur tumis. Sementara untuk sumber protein Anda bisa memanggang daging tanpa lemak yang tentunya menyehatkan dan membuat Anda lebih bertenaga. Tambahkan biji wijen di atas nasi putih untuk menambah cita rasa.

Untuk makan siangnya, buatlah ikan salmon bakar dengan sambal bawang sebagai penambah cita rasa. Tambahkan lalapan kubis kukus, mentimun, selada dan juga jenis sayuran lainnya. Sementara untuk sumber karbohidratnya Anda bisa mengkonsumsi nasi jagung.

Sebagai menu makan malamnya, Anda bisa mengkonsumsi talas rebus sebagai sumber karbohidrat dengan sop ikan tuna yang diberi irisan tomat segar serta daun bawang. Tambahkan pula tumis sayur kangkung yang dimasak sedikit pedas untuk penguat rasa alami.

Namun jika Anda tidak suka pedas tidak perlu menambahkan cabai.

  1. Menu Diet Sehat Hari Ketujuh

Menu diet sehat di hari ketujuh yang bisa Anda coba adalah susu rendah lemak dengan roti gandum utuh yang kaya akan serat. Tambahkan kacang almond panggang sebagai topping dan irisan buah segar seperti buah melon dan buah apel. Anda juga bisa menambahkan telur rebus sebagai sumber protein hewani.

Sebagai menu makan siang siapkan nasi putih dengan lauk dari campuran seafood tumis seperti udang dan juga cumi-cumi yang ditumis bersama bawang Bombay, jamur, dan juga terong. Untuk penutupnya Anda bisa mengkonsumsi yoghurt murni yang ditambahkan biji chia sebagai topping.

Untuk makan malamnya Anda bisa memasak tumis jamur enoki dengan paprika yang sangat lezat. Sebagai sumber proteinnya Anda bisa memanggang seporsi fillet ikan yang tentunya sangat bernutrisi. Untuk sumber karbohidrat Anda bisa memilih mengkonsumsi nasi putih ataupun nasi merah yang berserat tinggi.

Baca Juga: Menu Diet Sehat 30 Hari Yang Gampang Dan Praktis

Menu diet sehat seminggu untuk pemula selain berbicara mengenai daftar makanan yang dikonsumsi juga berbicara mengenai porsi kalori yang dikonsumsi. Secara umum, porsi kalori untuk makan malam sekitar 25% saja dari total kalori harian. Sementara porsi makan siang dan sarapan lebih banyak.

What do you think?

Written by Edy Irawan

Seorang Perawat Yang Gemar Menulis Dan Membaca Buku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.