in ,

Menu Diet Kekentalan Darah Pada Wanita

Menu Diet Kekentalan Darah Pada Wanita

Kekentalan darah adalah masalah yang bisa terjadi kepada siapa saja, namun cenderung menyerang wanita. Darah yang terlalu kental bisa memicu terhambatnya sirkulasi pada pembuluh. Itu sebabnya, Anda harus mengetahui menu diet kekentalan darah pada wanita.

Darah yang terlalu kental menyebabkan beberapa gejala yang tidak menyenangkan contohnya nyeri otot, masalah pencernaan, hingga rasa dingin yang menyerang kaki tangan. Meski bisa diatasi dengan obat, Anda juga bisa mencegahnya dengan menu diet yang tepat.

Menu Diet Kekentalan Darah Pada Wanita

1.       Ikan-Ikanan

Jenis ikan terbaik untuk masuk ke dalam menu diet Anda adalah salmon dan jenis-jenis makarel. Ikan ini menjadi sumber utama omega-3 atau asam lemak yang sangat membantu untuk melancarkan sirkulasi darah. Darah menjadi lebih encer dan pembuluh juga makin lebar.

Lemak omega-3 juga berfungsi dalam mencegah pembekuan darah di pembuluh yang sering terjadi pada penderita hipertensi. Anda bisa mengolah salmon dan makarel menjadi bentuk hidangan apa saja, namun alangkah lebih baik jika ikan tidak dihidangkan dengan cara digoreng.

2.       Buah Bit

Buah bit adalah buah berwarna merah dan berukuran sebesar kepalan tangan dengan rasa yang manis. Bit sering disajikan dengan cara dibuat jus atau dijadikan serbuk untuk suplemen makanan. Kandungan nitrat pada bit memicu relaksasi pembuluh darah dan mengencerkan darah yang kental.

Bit juga menyumbang kadar oksigen yang lebih tinggi ke lapisan otot dan juga ke dalam darah. Hal ini berhubungan dengan performa tubuh yang menjadi lebih baik sehingga tidak mudah lelah. Tak hanya dimakan langsung, Anda juga bisa minum jus buah bit setiap pagi hari.

3.       Bayam

Bayam merupakan sumber nitrat yang sangat besar dan dibutuhkan tubuh untuk diubah menjadi nitrit oksida. Fungsi utamanya adalah mengencerkan darah sehingga darah bisa lebih mudah mengalir sekaligus membuka pembuluh darah. Risiko penyakit jantung juga berkurang pesat.

Mereka yang memasukkan bayam sebagai menu diet kekentalan darah pada wanita memiliki kemajuan yang cukup signifikan terhadap kesehatannya. Tekanan darah menjadi lebih stabil juga. Menu ini wajib dimakan dua kali seminggu dengan cara disayur bening atau direbus.

Baca Juga: Inilah Besaran Biaya Program Bayi Tabung (IVF)

4.       Kembang Kol

Menu Diet Kekentalan Darah Pada Wanita

Anda suka dengan jenis lalapan seperti kol? Kabar baiknya, kol memiliki kemampuan dalam mengencerkan darah. Kol lebih baik dimakan mentah ketimbang direbus sayur dan terlalu matang. Anda bisa menikmati sajian kol dalam bentuk lalapan mentah atau rebusan setengah matang.

Cara lain untuk menikmati kol adalah dengan menjadikannya bahan utama salad sayur. Hal ini sudah banyak dan sering dilakukan di China dan negara barat. Kembang kol juga lebih murah dan mudah didapat. Konsumsinya pun tak mengharuskan dalam jumlah yang banyak.

5.       Buah Jeruk

Jeruk memang dikenal sebagai agen vitamin C. Di sisi lain, jeruk adalah agen antioksidan yang disebut sebagai flavonoid. Memakan jeruk mengurangi risiko inflamasi pada pembuluh darah dan juga mengencerkan darah sirkulasi menjadi lebih lancar ke seluruh tubuh.

Satu hari, Anda sebaiknya memakan buah jeruk dua buah dengan ukuran yang sedang dan dalam kondisi yang segar. Sebenarnya tak hanya jeruk, menu yang bisa Anda manfaatkan adalah keluarga citrus lainnya seperti lemon yang bisa disajikan sebagai infused water.

6.       Pisang

Kandungan yang sangat tinggi dalam pisang adalah zat potasium dan jumlahnya lebih tinggi daripada wortel. Pisang memiliki kemampuan untuk meningkatkan peredaran darah dan mencegah penyumbatan pembuluh dengan mengencerkan darah yang terlalu kental.

Memakan pisang juga membuat aliran darah menjadi lebih rileks sehingga Anda tidak mudah kelelahan. Konsumsi pisang bisa dilakukan setiap hari atau bahkan menjadi makanan utama dalam menu diet kekentalan darah pada wanita. Pilih pisang yang sudah matang.

7.       Wortel

Wortel tak hanya baik untuk penglihatan saja. Sayuran yang satu ini juga memiliki kandungan beta karoten yang sangat bermanfaat untuk kesehatan lain, terutama kesehatan jantung. Hal ini berhubungan dengan pemompaan aliran darah menuju dan dari jantung.

Konsumsi jus wortel setiap hari bisa membantu mencegah kekentalan darah sehingga angka sistolik juga menjadi lebih rendah. Antioksidan di dalamnya menjaga kualitas darah agar tetap bersih dan tidak memicu penyumbatan pembuluh yang biasanya berakibat fatal untuk jantung.

8.       Jahe

Sajian jahe tak hanya dikenal untuk minuman, tapi juga penganan besar dan aneka jenis camilan. Kemampuan jahe untuk melindungi kesehatan sangat banyak karena sifatnya yang berupa anti peradangan dan juga jumlah antioksidan yang sangat tinggi.

Anda bisa merebus jahe yang dicampur dengan gula merah sebagai minuman yang menghangatkan. Idealnya, Anda hanya perlu sekitar 150 cc air jahe saja untuk membantu mengencerkan darah yang kental. Dengan begitu, masalah tekanan darah bisa diatasi dengan sangat baik.

9.       Jamu Kunyit

Kunyit adalah bahan makanan yang seringkali dijadikan bumbu masakan untuk mengubah warnanya menjadi kuning. Kunyit mengandung agen anti peradangan yang disebut curcumin. Di dalam tubuh, curcumin diubah menjadi asam nitrit yang berfungsi untuk pengenceran darah.

Asam nitrit tak hanya mengencerkan darah, namun juga mencegah terjadinya penyumbatan akibat pembuluh darah yang tertutup. Darah akan menjadi lebih mudah untuk mengalir dan sirkulasinya tidak terhambat. Sajikan kunyit dalam bentuk jamu dan ideal untuk diminum tiga kali seminggu.

10.    Cokelat Hitam

Cokelat hitam memang tak banyak dijual di pasaran karena peminatnya yang lebih rendah dari cokelat biasa. Namun, ternyata cokelat hitam memiliki segudang manfaat yang baik karena ada antioksidan berupa polifenol yang baik untuk sirkulasi darah.

Menu diet yang agak pahit ini cocok untuk menggantikan camilan Anda. Mungkin, Anda hanya memakannya sepotong setiap hari karena bisa membuat perasaan Anda juga menjadi senang. Untuk pembuluh darah, jenis cokelat ini akan membantu sirkulasi darah menjadi lebih normal.

11.    Teh Hijau

Menu Diet Kekentalan Darah Pada Wanita

Salah satu menu diet kekentalan darah pada wanita adalah teh hijau. Teh hijau adalah jenis teh terbaik untuk kesehatan terutama mencegah risiko penyakit yang berhubungan dengan jantung. Berbagai disfungsi darah bisa dicegah selama Anda juga memelihara pola makan yang baik.

Darah yang terlalu kental bisa memicu penebalan dinding pembuluh darah. Untungnya, teh hijau bisa membantu dalam pencegahan ini terjadi. Risiko stroke dan serangan jantung bisa berkurang pesat. Teh hijau bisa diminum 2-3 kali dalam seminggu sebagai bagian dari diet.

Baca Juga: Cara Menyeduh Teh Hijau yang Benar Untuk Diet dan Kesehatan

12.    Semangka

Menu diet yang juga tak kalah populer dan ampuh untuk mengencerkan darah adalah semangka. Semangka adalah buah yang enak untuk disajikan dalam berbagai bentuk menu. Selain itu, semangka juga ideal untuk dijadikan makanan penutup.

Semangka adalah buah dengan kalori rendah dan mengandung banyak air. Di dalamnya terdapat agen bernama L-citrulline. Agen ini akan membantu darah menjadi lebih encer sehingga tekanan darah menjadi rendah.

 

Menu diet kekentalan darah pada wanita di atas bisa dijadikan acuan untuk Anda yang ingin memulai program diet. Dua belas jenis makanan tersebut bisa dikombinasikan sehingga Anda tidak bosan. Dengan darah yang encer, Anda bisa terhindar berbagai risiko kesehatan yang serius.

What do you think?

Written by Edy Irawan

Seorang Perawat Yang Gemar Menulis Dan Membaca Buku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.