in , ,

Menu Diet Gagal Ginjal Yang Aman Untuk Penderita Gagal Ginjal

Menu Diet gagal ginjal

Orang dengan gangguan ginjal tentu membutuhkan kadar nutrisi berbeda dengan orang dengan memiliki ginjal sehat. Pasien gagal ginjal harus sangat menjaga pola makannya dengan menyusun menu diet gagal ginjal yang tepat.

Hal ini dikarenakan organ ginjalnya sudah tidak dapat berfungsi normal. Ginjal adalah salah satu organ pada tubuh yang sangat penting terhadap metabolisme tubuh. Ginjal bekerja dengan membuang limbah yang sudah tidak dibutuhkan tubuh.

Rekomendasi Menu Diet Gagal Ginjal Yang Aman Untuk Penderita Gagal Ginjal

Penderita gagal ginjal harus mengurangi makanan dengan kandungan kalium dan fosfor yang tinggi. Oleh karena itu, penderita gagal ginjal harus mengurangi konsumsi buah-buahan dan sayuran tertentu yang pada kondisi normal sangat disarankan untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Daftar Menu Diet Untuk Penderita Batu Ginjal

Berikut Menu Diet Gagal Ginjal Yang Disarankan:

1. Nasi Putih, Telur, dan Sup Kubis

Menu Diet gagal ginjal

Menu diet untuk penderita gagal ginjal yang aman untuk dikonsumsi adalah nasi putih, telur rebus, dan sup kubis. Makan dengan jumlah secukupnya. Disarankan untuk mengkonsumsi nasi putih sebanyak setengah mangkuk ditambah 1 butir telur yang sudah direbus.

Sebagai penyegar, tambahkan sup kubis yang dimasak dengan air mendidih dicampur bawang putih dan irisan daun bawang dan daun seledri segar. Sangat disarankan untuk mengurangi penggunaan garam dan penyedap rasa pada makanan.

2. Bubur Beras Putih, Dada Ayam, dan Bayam Kukus

Untuk menu makan pagi atau sarapan, Anda bisa mengkonsumsi beras putih yang diolah dengan dijadikan sebagai bubur sehingga lebih banyak air di dalamnya.

Untuk lauknya, Anda bisa mengkonsumsi daging dada ayam suir yang sebelumnya sudah direbus dengan beberapa tambahan rempah-rempah. Sementara untuk sayurnya, Anda bisa mengkonsumsi sayur bayam yang sudah direbus.

Meskipun bayam termasuk ke dalam jenis sayuran hijau, namun bayam mengandung mineral magnesium yang baik untuk tubuh dan juga sumber vitamin A, C dan juga K. Beta karoten di dalam bayam juga baik untuk kesehatan mata dan kekebalan tubuh.

3. Roti Tawar, Susu, dan Irisan Buah

Menu satu ini sangat cocok dikonsumsi untuk sarapan di pagi hari. Sebagai sumber karbohidratnya, Anda bisa mengkonsumsi roti tawar. Pada kondisi normal, sebenarnya Anda lebih disarankan untuk mengkonsumsi roti gandum.

Namun, pada penderita gagal ginjal roti gandum justru tidak disarankan karena kandungan serat, fosfor, dan kaliumnya yang tinggi. Pada penderita gagal ginjal, konsumsi kalium dalam jumlah banyak sangat tidak disarankan karena kadar yang terlalu tinggi tidak baik untuk ginjal.

Anda bisa mengkombinasikan roti tawar dengan irisan buah sebagai pemanis alami. Pilih irisan buah yang aman untuk penderita gagal ginjal, seperti irisan nanas dan apel.

Untuk penutup Anda bisa mengkonsumsi susu. Namun karena susu mengandung fosfor yang tinggi, jangan terlalu sering untuk mengkonsumsinya.

4. Bubur Beras Putih, Irisan Lobak, dan Potongan Fillet Dada Ayam

Pada kondisi normal, bubur adalah menu yang sangat tepat untuk sarapan di pagi hari. Namun bagi penderita gagal ginjal, menu bubur juga bisa dikonsumsi di waktu siang dan malam hari tergantung situasinya.

Konsumsi bubur dari beras putih yang sangat lembut akan memudahkan pencernaan untuk mencerna makanan. Tambahkan irisan lobak putih ke dalam bubur untuk menambah sensasi renyah ke dalam makanan. Lobak juga sangat kaya akan nutrisi, namun rendah potasium dan fosfor.

Untuk lauk proteinnya, Anda bisa mengkonsumsi fillet dada ayam rendah lemak. Pastikan Anda mengkonsumsinya dalam jumlah sedikit atau sesuai dengan yang direkomendasikan dokter.

5. Nasi Putih, Jamur Tumis, dan Telur Dadar

Menu Diet gagal ginjal

Makanan berbahan dasar jamur bisa menjadi salah satu pilihan sayuran sehat yang bisa dipilih oleh penderita gagal ginjal sebagai menu hariannya yang aman. Jamur juga menjadi sumber protein nabati terbaik untuk memenuhi kebutuhan harian pasien gagal ginjal, namun dalam jumlah aman.

Jenis jamur yang sangat disarankan untuk penderita gagal ginjal adalah jamur shiitake. Keunggulan jamur shiitake mengandung berbagai mineral, vitamin, dan nutrisi penting seperti tembaga, selenium, vitamin B, serat, mangan, dan protein nabati.

Selain itu, kandungan kalium dalam jamur shiitake juga tergolong rendah dibandingkan jenis jamur lainnya, seperti jamur kancing dan jamur portobello. Selain jamur shiitake, jamur tiram juga bisa menjadi pilihan aman untuk penderita gagal ginjal karena kandungan kalium yang tergolong rendah.

Anda bisa mengolah jamur dengan cara ditumis dengan sedikit garam. Tambahkan telur dadar sebagai sumber protein hewani yang aman.

6. Jus Buah Alami

Menu diet untuk penderita gagal ginjal berikutnya yang cocok dikonsumsi harian adalah jus buah alami. Menu ini adalah menu cemilan sehat untuk mengganjal perut sebelum waktu makan besar tiba.

Namun, karena penderita gagal ginjal harus mengurangi asupan kalium, tidak semua buah boleh dikonsumsi. Beberapa jus buah alami yang sehat untuk dikonsumsi penderita gagal ginjal adalah jus buah nanas, mangga, anggur, apel, semangka, melon, stroberi, lemon, dan buah pir.

Buah-buahan tersebut mengandung kadar kalium yang lebih sedikit dibandingkan jenis buah lainnya sehingga baik untuk penderita gagal ginjal. Anda bisa mencampurkan buah-buahan tersebut ke dalam blender untuk dibuat jus jadi satu atau hanya satu jenis buah saja.

7. Bubur Kacang Hijau dengan Madu

Kacang hijau mengandung kadar potasium yang rendah sehingga aman dikonsumsi penderita gagal ginjal. Anda bisa mengolah kacang hijau dengan cara dijadikan minuman kacang hijau.

Caranya cukup dengan merebus kacang hijau di dalam air kemudian tambahkan madu sebagai pemanis alami.

Makanan Yang Tidak Boleh Dimasukkan Dalam Menu Diet Gagal Ginjal

Selain menyusun menu diet gagal ginjal, hal berikutnya yang juga harus Anda ketahui adalah makanan apa saja yang menjadi pantangan bagi penderita gagal ginjal maupun gagal ginjal kronis.

Orang dengan gangguan ginjal harus sangat memantau asupan kalium, natrium, fosfor dan juga gula dalam makanannya.

1. Buah Tinggi Kalium

Beberapa buah yang mengandung kalium dalam jumlah tinggi sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita gagal ginjal. Hal ini karena organ ginjal yang bermasalah tidak dapat memproses kalium dengan optimal.

Beberapa buah tinggi kalium yang harus dihindari seperti pisang, jeruk, dan alpukat.

2. Roti Gandum dan Nasi Merah

Roti gandum dan nasi merah dikenal sebagai sumber karbohidrat yang sangat baik bagi tubuh orang pada umumnya. Hal ini karena jenis karbohidrat berupa serat banyak terkandung di dalam nasi merah dan juga roti gandum.

Namun, roti gandum dan nasi merah ternyata tidak cocok dikonsumsi oleh penderita gagal ginjal. Hal ini karena roti gandum dan nasi merah mengandung tinggi kalium dan fosfor.

Baca Juga: 12+ Cara Memasak Makanan Agar Tetap Rendah Kolesterol Dan Lemak

Orang dengan gangguan ginjal harus tetap mendapat asupan nutrisi yang mencukupi kebutuhan hariannya. Oleh karena itu, pasien sangat disarankan untuk melakukan konsultasi langsung ke dokter dalam menentukan menu diet gagal ginjal yang tepat sesuai dengan tingkat keparahan penyakitnya.

What do you think?

Written by Edy Irawan

Seorang Perawat Yang Gemar Menulis Dan Membaca Buku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.