in , ,

Menu Diet Diabetes Melitus Seminggu Yang Sehat Dan Aman

Menu Diet Diabetes Melitus Seminggu

Penderita diabetes melitus harus sangat memperhatikan menu makanan yang mereka konsumsi setiap hari. Sebab, konsumsi makanan secara sembarangan dapat menyebabkan peningkatan kadar gula dalam darah. Oleh karena itu, penting untuk merancang menu diet diabetes melitus seminggu yang sehat dan aman.

Penderita diabetes melitus memang harus mengatur asupan gula dan karbohidrat dari makanan atau minuman yang dikonsumsi. Namun, bukan berarti penderita diabetes melitus tidak mengkomsumsi karbohidrat sama sekali. Penderita diabetes tetap harus mengkonsumsi karbohidrat namum dalam jumlah yang tepat.

Menu diet diabetes melitus seminggu tetap terdiri dari makanan pagi, siang dan malam namun dengan jenis dan jumlah yang sudah ditentukan. Selain itu, penderita diabetes melitus juga tetap dapat mengkomsumsi cemilan sehatnya di antara waktu makan besar tersebut.

Menu sarapan bisa dimakan pukul 06.00-08.00 pagi, makan siang pukul 12.00-13.00 siang, makan malam pukul 17.00-19.00, dan camilan jam 10.00 atau 16.00.

1. Menu Diet Diabetes Melitus Hari Pertama

a. Menu Sarapan

Untuk menu sarapan yang praktis, Anda bisa mengkonsumsi roti gandum yang diberikan olesan selai kacang serta buah-buahan segar. Sebaiknya, pilih selai kacang rendah gula atau tanpa gula di permukaan roti. Terakhir, tambahan buah di atas roti sebagai toppingnya.

Jika ingin lebih optimal, sebaiknya buat selai kacang Anda sendiri sehingga kandungan di dalamnya bisa Anda tentukan sedemikian rupa. Selain roti, Anda juga bisa membuat pancake gandum sebagai alternatifnya.

b. Menu Makan Siang

Untuk menu makan siang, konsumsi nasi merah sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi putih. Kemudian, tambahkan lauk dari dada ayam rebus dan sayur bayam kukus. Anda juga bisa menambahkan rebusan wortel sebagai lauk.

c. Menu Makan Malam

Nasi merah tetap menjadi sumber karbohidrat untuk makan malam. Lauknya bisa dengan membuat sop ikan patin dengan serat dari tumis buncis dengan telur.

d. Camilan

Waktu camilan pada umumnya di antara waktu makan besar seperti antara makan siang di jam 10.00. Makan camilan juga bisa dilakukan di antara makan siang dan makan malam di pukul 16.00 atau pukul 4 sore.

Konsumsi camilan di antara makan besar memiliki manfaat untuk menstabilkan kadar gula dalam darah. Setelah mengkonsumsi obat, biasanya kadar gula dalam darah dapat menurun secara drastis apalagi jika tidak segera diberi asupan nutrisi yang mencukupi.

Di hari pertama, Anda bisa memilih camilan sehat seperti bubur kacang hijau. Pastikan Anda tidak memberikan terlalu banyak gula di dalam bubur kacang hijau.

Baca Juga: Obat Tradisional Diabetes Paling Ampuh dan Alami dari Tanaman Herbal

2. Menu Diet Diabetes Melitus Hari Kedua

a. Menu Sarapan

Sebagai menu sarapan, Anda bisa membuat sandwich telur yang terdiri dari isian telur sebagai sumber protein dan juga sayuran serta buah-buahan dari seledri serta irisan tomat segar. Tambahkan protein dan karbohidrat dari parutan keju rendah lemak.

Jika Anda ingin mengganti telur dengan protein lainnya, Anda bisa menggunakan daging tanpa lemak dari ham rendah natrium. Asupan protein yang mencukupi di pagi hari akan membuat Anda tetap kenyang lebih lama.

Selain itu, konsumsi protein juga akan membantu menjaga kadar gula darah stabil.

b. Menu Makan Siang

Untuk makan siang konsumsi capcay brokoli dengan nasi jagung. Sementara lauknya bisa mengkomsumsi dada ayam rebus.

Menu diet untuk pasien diabetes melitus

c. Menu Makan Malam

Untuk menu makan malam, Anda bisa mengkonsumsi talas rebus dengan tambahan sop ikan tuna disertai irisan tomat segar dan juga sayur kangkung.

d. Cemilan

Cemilannya bisa dengan mengkonsumsi es buah segar rendah gula. Anda bisa menambahkan irisan buah dengan susu rendah lemak tanpa gula.

3. Menu Diet Diabetes Melitus Hari Ketiga

a. Menu Sarapan

Di hari ketiga, Anda bisa memilih menu sarapan dari greek yoghurt. Greek yoghurt adalah yoghurt yang memiliki tekstur lebih kental dengan kandungan laktosa dan whey yang lebih rendah dibandingkan yoghurt biasa.

Greek Yoghurt sendiri merupakan makanan yang sangat tinggi kandungan protein. Di dalam satu cangkir greek yoghurt, terdapat 23 gram protein. Greek yoghurt juga merupakan sumber mineral seperti kalsium, kalium, zat besi, fosfor, dan sebagainya.

b. Menu Makan Siang

Sebagai menu makan siang, Anda bisa mengkonsumsi ubi jalar sebagai pengganti nasi putih. Ubi jalar memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan nasi putih sehingga baik untuk penderita diabetes.

Untuk lauknya, tambahkan telur dadar dengan lalapan brokoli dan bayam kukus yang sehat.

c. Menu Makan Malam

Untuk menu makan malam, komsumsi oatmeal dengan campuran susu rendah lemak. Tambahkan juga kacang almond dan buah-buahan segar seperti semangka, alpukat, dan irisan pepaya.

d. Cemilan

Untuk cemilannya bisa dengan membuat yoghurt ditambah biji chia yang tinggi serat.

4. Menu Diet Diabetes Melitus Hari Keempat

a. Menu Sarapan

Komsumsi oatmeal gurih yang ditambahkan telur rebus dan juga tumis jamur. Tambahkan biji wijen untuk menambah cita rasa.

menu diet kencing manis

b. Menu Makan Siang

Konsumsi nasi dari beras hitam ditambah ikan salmon panggang serta sop sayuran yang terdiri dari wortel, jamur, selada, dan berbagai sayuran lainnya.

c. Menu Makan Malam

Makan malam bisa mengkonsumsi ikan kembung panggang dengan lalapan sambal disertai sayur cah kangkung.

d. Cemilan

Untuk cemilan, Anda bisa mengkonsumsi jus buah-buahan segar yang diberi yoghurt segar.

5. Menu Diet Diabetes Melitus Hari Kelima

a. Menu Sarapan

Konsumsi roti panggang yang dibuat dari gandum utuh dan diberi olesan buah alpukat yang segar.

b. Menu Makan Siang

Untuk makan siang, konsumsi nasi merah dengan sop sawi, wortel, serta irisan daging ayam.

c. Menu Makan Malam

Untuk makan malam, konsumsi ubi jalar dengan jus kacang almond segar. Tambahkan buah segar agar lebih sedap.

d. Cemilan

Buat cemilan sedap dari smoothies buah diberi parutan keju di atasnya. Baca Juga: Anjuran Dan Aturan Komsumsi Buah Dan Sayur Menurut WHO

6. Menu Diet Diabetes Melitus Hari Keenam

a. Menu Sarapan

Untuk sarapan Anda bisa mengkonsumsi barley rebus, ditambah irisan alpukat segar dan pepaya. Untuk protein bisa dengan mengkonsumsi telur rebus.

b. Menu Makan Siang

Menu makan siang yakni nasi merah, daging rendah lemak panggang, ditambah lalapan sayur kacang panjang, kangkung dan wortel.

c. Menu Makan Malam

Untuk makan malam konsumsi ubi jalar, telur rebus. Tambah dengan jus buah dan sayur segar.

Minuman Untuk Diabetes Melitus

d. Cemilan

Menu cemilan berupa roti panggang diberi olesan selai kacang rendah gula.

7. Menu Diet Diabetes Melitus Hari Ketujuh

a. Menu Sarapan

Roti isi telur dadar, irisan tomat, dan taburan keju.

b. Menu Makan Siang

Nasi merah, sop daging tuna dengan sayur seledri, tomat, dan wortel.

c. Menu Makan Malam

Nasi merah dengan lauk telur rebus beserta lalapan brokoli dan bayam kukus yang sehat.

Penderita diabetes melitus harus memperhatikan kadar gula makanan atau minuman yang dikonsumsi. Hindari makanan dan minuman tinggi gula dalam menu diet diabetes melitus seminggu yang sehat dan aman karena dapat memperparah kondisi tubuh seperti pusing, mudah lelah, gagal ginjal bahkan penyakit jantung.

 

What do you think?

Written by Edy Irawan

Seorang Perawat Yang Gemar Menulis Dan Membaca Buku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.