in ,

10 Makanan Untuk Orang Cuci Darah Yang Sehat dan Aman

Makanan untuk Orang Cuci Darah

Penyakit Ginjal Kronik atau PGK adalah kondisi dimana ginjal mengalami kerusakan dan kelainan yang berlangsung lebih dari 3 bulan. Kerusakan ginjal yang semakin buruk menyebabkan seseorang harus menjalani cuci darah. Makanan untuk orang cuci darah harus sangat diperhatikan agar tubuh tetap sehat.

Orang yang mengalami masalah ginjal kronis harus mengurangi beberapa jenis makanan agar kondisi ginjal tidak memburuk. Dokter akan menyarankan pasien untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan dan mengurangi atau menghindari jenis makanan lainnya.

Bagi penderita gagal ginjal, harus sangat berhati-hati dalam memilih asupan makanan. Tidak semua makanan yang sejatinya sehat dan bergizi boleh dikonsumsi oleh penderita gagal ginjal. Hal ini karena kerusakan ginjal menyebabkan tubuh tidak bisa memproses nutrisi dari makanan dengan baik. Berikut adalah 10 makanan untuk orang cuci darah yang sehat dan aman

  1. Buah Apel

Sebagai asupan multivitamin dari buah-buahan, pasien gagal ginjal disarankan untuk mengkonsumsi buah apel yang rendah kandungan kaliumnya. Pasien gagal ginjal sangat disarankan untuk mengurangi konsumsi kalium berlebih karena menimbulkan ginjal kerja lebih keras, terutama penderita ginjal kronis.

Apel juga sangat baik untuk menurunkan kadar gula dalam darah dan kolesterol. Gula darah tinggi akan menyebabkan hormon insulin bekerja lebih keras sehingga memperparah kondisi ginjal.

  1. Buah Anggur

Selain buah apel, alternative buah lainnya yang dapat dikonsumsi oleh penderita gagal ginjal adalah buah anggur. Anggur tidak cuma terasa lezat dan juga segar, namun kandungan nutrisinya sangat baik untuk pasien gagal ginjal.

Buah anggur kaya akan kandungan vitamin C serta antioksidan flavonoid yang bisa mengurangi peradangan pada ginjal. Anggur juga sangat aman untuk organ ginjal berkat kandungan fosfor dan natriumnya yang rendah.

Makanan untuk Orang Cuci Darah

  1. Putih Telur

Bagi mereka yang sedang menjalani proses cuci darah atau hemodialysis tetap membutuhkan asupan protein yang mencukupi. Apalagi orang dengan gagal ginjal akan mengalami kekurangan protein akibat fungsi penyaringan ginjal yang rusak.

Salah satu sumber protein berkualitas tinggi yang bisa menjadi alternatif makanan bagi pasien cuci darah adalah putih telur. Putih telur mengandung protein dalam jumlah mencukupi namun rendah kandungan fosfor sehingga baik untuk ginjal para pasien hemodialysis.

Baca Juga: Menu Diet Gagal Ginjal Yang Aman Untuk Penderita Gagal Ginjal

Pasien gagal ginjal sebaiknya menghindari konsumsi kuning telur karena kuning telur sangat tinggi kandungan fosfor sehingga berbahaya terhadap kondisi ginjal. Kandungan fosfor yang terlalu tinggi juga akan mengganggu kinerja organ jantung serta pelemahan tulang.

  1. Bawang Putih dan Bawang Bombay

Siapa sangka jika bawang putih dan juga bawang bombay merupakan makanan untuk orang cuci darah yang sangat menyehatkan. Hal ini karena bawang putih dan bawang bombay rendah kandungan kalium dan fosfornya. Selain itu, bawang putih juga rendah serat sehingga aman untuk ginjal.

Bawang putih juga kaya akan kandungan senyawa flavonoid yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Flavonoid yang merupakan senyawa antioksidan berperan untuk meredakan peradangan dalam tubuh, melawan reaksi alergi dan juga infeksi virus, flavonoid juga mempunyai sifat antikanker.

  1. Dada Ayam Tanpa Kulitnya

Sumber protein lainnya yang sangat baik bagi penderita gagal ginjal adalah dada ayam tanpa kulit. Dada ayam tanpa kulit baik untuk pasien cuci darah karena kandungan proteinnya yang sangat kaya. Namun, kandungan natrium dan juga fosfor pada dada ayam tergolong rendah sehingga tetap aman untuk tubuh.

Hindari memasak dada ayam terlalu berlebihan agar asupan natrium dari luar tidak terlalu tinggi. Sebaiknya masak dada ayam tanpa kulit dengan cara disuir tipis-tipis dan direbus sebagai tambahan sop sayur agar lebih bergizi. Kelebihan lainnya yakni Anda tak perlu memakai terlalu banyak bumbu untuk memasaknya.

  1. Sayur Kembang Kol

Sayur kembang kol tergolong aman untuk dikonsumsi oleh penderita gagal ginjal karena sayuran ini rendah kalium dan juga fosfor. Kembang kol mengandung senyawa asam folat yang baik untuk membersihkan ginjal secara alami.

Saat ginjal bersih secara alami, maka kinerja ginjal pun akan meningkat sehingga kerusakan ginjal yang semakin parah dapat dihindari. Anda dapat mengolah ginjal dengan cara diolah menjadi sayur bening atau sayur kembang kol sup. Tambahkan bawang putih sebagai pengganti garam dan beri suiran dada ayam.

  1. Paprika

Sayuran paprika meskipun beberapa orang kurang menyukainya namun merupakan sayuran yang baik untuk menjaga kesehatan ginjal dan menjadi opsi makanan untuk orang cuci darah yang aman. Meskipun kandungan nutrisi dalam paprika sangat tinggi, namun zat kalium di dalamnya cukup rendah.

Makanan untuk Orang Cuci Darah

Kandungan vitamin A di dalam paprika juga sangat kaya. Vitamin A juga sangat penting untuk menjaga sistem imun dalam tubuh agar tidak menurun yang lumrah terjadi pada pasien gagal ginjal. Anda dapat memasak paprika dengan cara ditumis atau direbus menjadi lalapan dicampur nasi putih.

  1. Daging Ikan

Opsi makanan sumber protein berikutnya yang sangat baik dikonsumsi oleh orang dengan kondisi gagal ginjal adalah daging ikan. Dibandingkan makanan laut yang lain, ikan mengandung fosfor lebih sedikit sehingga aman untuk pasien gagal ginjal atau dialysis.

Ikan sangat kaya akan kandungan asam lemak omega 3 yang tentu sangat menyehatkan bagi tubuh dan menurunkan peradagangan yang terjadi di dalam organ tubuh. Anda dapat memasak ikan dengan cara direbus, dipanggang dengan meminimalisir perasa buatan seperti garam, MSG dan lainnya.

  1. Roti Putih dan Ceplok Putih Telur

Makanan berikutnya yang aman dikonsumsi oleh pasien cuci darah adalah roti putih yang diberi tambahan putih telur diceplok di atas roti. Roti putih tawar lebih disarankan bagi pasien cuci darah karena lebih rendah kandungan fosfor, kalium dan juga serat sehingga aman untuk pasien hemodialysis.

Roti tawar yang diberi tambahan putih telur ceplok akan melengkapi asupan karbohidrat dan protein bagi tubuh. Putih telur yang rendah kandungan fosfor juga baik untuk ginjal para pasien hemodialysis. Anda juga bisa mengkombinasikan roti putih dengan putih telur rebus.

  1. Bubur Putih dengan Jamur Tumis

Makanan selanjutnya yang bisa dikonsumsi oleh pasien gagal ginjal adalah bubur putih dengan lauk berupa jamur tumis. Jamur bisa menjadi pilihan sayuran sehat karena mengandung protein dalam jumlah mencukupi dan juga kaya akan multivitamin serta mineral seperti mangan, selenium dan tembaga.

Beberapa jenis jamur yang baik untuk dikonsumsi pasien gagal ginjal adalah jamur shiitake dan juga jamur tiram. Kandungan kalium di dalam jamur tiram lebih rendah sehingga aman untuk pasien gagal ginjal. Kurangi garam dan penyedap rasa saat mengolah jamur agar rendah natrium.

Baca Juga: 4+ Obat Darah Tinggi Tradisional Paling Mujarab dengan Ramuan Herbal

Ginjal adalah organ tubuh yang memiliki fungsi primer dalam menyarih darah. Ginjal juga berfungsi untuk membuang kotoran sisa metabolisme dan juga limbah dalam tubuh. Oleh karena itu orang yang sedang mengalami gagal ginjal harus sangat hati-hati memilih makanan untuk orang cuci darah.

What do you think?

Written by Edy Irawan

Seorang Perawat Yang Gemar Menulis Dan Membaca Buku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.