in ,

Ini 5 Tanda Apabila Tubuh Terlalu Banyak Lemak

Tubuh Terlalu Banyak Lemak

Kelebihan lemak dalam tubuh ternyata memiliki dampak yang ccukup serius untuk kesehatan. Tetapi terkadang seseorang tidak menyadari terlalu banyak lemak karena proses ini berjalan secara bertahap, tergantung dari pola makanan yang di konsumsi sehari-hari.

Kelebihan lemak dalam tubuh sangat erat hubungannya dengan kadar kolesterol dan trigliserida LDL yang tinggi dan kadar kolesterol HDL yang rendah.

Apabila hal ini terjadi, respons tubuh terhadap insulin dapat mengalami kerusakan serta meningkatkan gula darah dan kadar insulin.

Terlalu banyak lemak dalam tubuh dapat memicu terjadinya penyakit yang menjadi penyebab utama kematian dan kecacatan, termasuk serangan jantung, stroke, tekanan darah tinggi, kanker, diabetes.

Baca jugaJenis, Penyebab dan Gejala Penyakit Jantung Yang Harus Anda Ketahui

Perlu diketahui, berat badan seseorang ternyata tidak menjadi tolok ukur untuk menentukan apakah tubuh memiliki terlalu banyak lemak atau tidak.

Sebab berat badan tidak memperhitungkan massa otot. Bisa jadi penambahan berat badan tersebut disebabkan karena massa otot.

Salah satu tanda tubuh terlalu banyak lemak dapat dilihat dari rasio pinggang ke pinggul. Pada umumnya pinggang lebih kecil dari pinggul.

Berikut Tanda – tanda Tubuh Terlalu Banyak Lemak

DIbawah ini adalah beberapa hal yang sering terjadi apabila tubuh terlalu banyak lemak

1. Sensasi Kembung dan Kentut

Makanan seperti brokoli dan kubis memiliki kandungan serat tinggi yang dapat memicu sensasi kembung dan kentut. Sama halnya apabila terlalu banyak mengonsumsi makanan yang berlemak dapat menyebabkan gejala yang sama.

Sensasi perut kembung dapat terjadi karena lemak sulit dipecah oleh tubuh yang dapat menyebabkannya berfermentasi lebih lama dalam perut. Akibatnya, lemak sering dapat perut terasa kembung dan sering buang gas atau kentut.

2. Feses Encer

Terlalu banyak lemak dalam tubuh ternyata dapat membuat feses menjadi encer. Ketika makanan berlemak tidak diserap dengan baik, usus besar akan menghasilkan cairan berlebih yang dapat menyebabkan diare.

Makanan yang mengandung lemak tinggi tinggi juga lebih rendah serat. Feses yang encer bukan hanya terjadi karena makanan yang mengandung tinggi lemak, tetapi juga karena kekurangan serat.

3. Badan Terasa Lesu dan Menjadi Lebih Lamban

Meskipun tubuh membakar lemak untuk menhasilkan energi, makan makanan yang mengandung lemak tinggi dapat menyebabkan badan terasa lesu atau lelah di siang hari.

Konsumsi makanan tinggi lemak dapat dikaitkan dengan kelelahan tubuh karena berhubungan dengan kesehatan seseorang secara keseluruhan dan kebiasaan gaya hidup.

4. Berat Badan Bertambah

Setiap kali mengkonsumsi makanan yang lebih banyak kalori daripada yang dibakar, tubuh akan mengalami pertambahan berat badan yang cukup signifikan. Penambahan berat badan ini juga bisa membuat tubuh sulit untuk bergerak aktif.

Baca juga5+ Ramuan Tradisional untuk Menurunkan Berat Badan dan Mengecilkan Perut

5. Sulit untuk Tidur

Meskipun makan terlalu banyak lemak dapat menyebabkan kantuk dan lesu di siang hari, ternyata bisa berdampak pada kesulitan untuk tidur di malam hari.

Lemak merupakan nutrisi yang membutuhkan waktu paling lama untuk dipecah dalam sistem pencernaan tubuh, sehingga dapat memengaruhi jam istirahat dan mengganggu waktu tidur.

Ketika tidur, tubuh secara alami memperlambat pencernaan, itulah sebabnya sebagian besar ahli kesehatan menyarankan untuk tidak makan makanan berat sebelum tidur. Makanan atau makanan berlemak tinggi, khususnya, dapat membuat lebih sulit untuk tidur.

Itulah beberapa penjelasan mengenai tanda-tanda tubuh terlalu banyak lemak. Apabila ingin memeriksakan kondisi kesehatan terkait hal ini dapat berkonsultasi dengan dokter.

What do you think?

Written by Jesica Putri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.