in , ,

Diet Seminggu Untuk Penderita Gagal Jantung

Diet seminggu untuk penderita gagal jantung

Gagal jantung merupakan penyakit yang berbahaya karena berhubungan dengan organ vital. Memiliki penyakit yang satu ini harus membuat Anda memperhatikan pola makanan setiap hari. Adapun saat anfal, Anda perlu mengetahui diet seminggu untuk penderita gagal jantung.

Mengapa diet atau jenis makanan sangat mempengaruhi kesehatan? Pasalnya, pembuluh darah yang melewati jantung dibentuk oleh zat dalam makanan seperti lemak dan kalsium. Beberapa diet pilihan yang bisa Anda pilih selama seminggu dan cara mengolahnya.

Ide Bahan Makanan Diet Seminggu untuk Penderita Gagal Jantung

1.       Kacang Kedelai

Jenis kacang-kacangan baik untuk kesehatan jantung. Kacang kedelai adalah salah satu jenis kacang yang disarankan karena mengandung protein yang cukup untuk memelihara kesehatan jantung. Olahannya juga sangat bervariasi mulai dari tahu, susu, tempe, dan lainnya.

Dalam kacang kedelai ada sebuah antioksidan bernama isoflavon. Antioksidan ini berperan besar dalam keseimbangan hormon yang baik untuk wanita masa menopause dengan riwayat gagal jantung. Dalam seminggu, Anda bisa menikmati menu kacang kedelai 3-4 kali porsi makan.

2.       Sereal Oatmeal

Banyak sekali merk oatmeal di pasaran yang ditujukan untuk pasien yang mengalami gagal jantung. Oatmeal adalah gandum murni yang dimakan seperti bubur dan bersifat mengenyangkan. Di dalamnya, terdapat serat utuh yang melancarkan pencernaan dan menurunkan kolesterol.

Sereal menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang menginginkan sarapan praktis dan sehat. Lagipula, diet seminggu untuk penderita gagal jantung ini juga boleh dimakan hampir setiap hari. Anda bisa menambahkan buah atau sayuran sebagai toppingnya agar tidak monoton.

3.       Yogurt

Jangan lupakan yogurt sebagai salah satu menu wajib dan andalan saat melakukan diet seminggu. Yogurt adalah olahan susu yang difermentasi dan rasanya agak asam. Selama ini yogurt plain tanpa tambahan perisa menjadi favorit mereka yang mengalami gagal jantung atau hipertensi.

Sebanyak 500 ml yogurt adalah porsi yang tepat untuk menggantikan minuman manis atau mengandung kafein saat jam jajan. Anda juga bisa membuat smoothie yogurt yang dicampur dengan sereal, buah, hingga sayur. Jenis yogurt yang paling baik adalah greek yogurt.

4.       Cokelat

Tak banyak yang tahu jika cokelat adalah salah satu jenis makanan yang bisa dikonsumsi oleh penderita gagal jantung. Namun, jenis cokelat yang diizinkan adalah cokelat hitam yang terdiri dari 85 persen kakao. Cokelat ini juga memiliki rasa yang lebih pahit daripada cokelat biasa.

Di dalam cokelat hitam ada kandungan flavonoid, sebuah antioksidan yang fungsinya bisa memerangi gagal gantung. Antioksidan ini melancarkan peredaran darah dari dan menuju jantung. Studi mencatat bahwa cokelat bisa menurunkan risiko gagal jantung kembali hingga 11 persen.

5.       Buah Beri

Di Indonesia, banyak sekali varian buah beri seperti stroberi, bluberi dan rasberi meskipun tak bisa ditemukan di semua tempat. Buah beri merupakan jenis keluarga buah yang mengandung vitamin C, beta karoten, dan antioksidan yang sangat tinggi.

Diet seminggu untuk penderita gagal jantung

Beberapa varian dijual dalam bentuk kaleng atau beku, namun sebaiknya Anda memilih buah dalam keadaan yang segar. Buah beri dalam keadaan segar bisa mempercepat proses metabolisme pada tubuh sehingga risiko kerusakan sel dan penyumbatan pembuluh darah bisa dicegah.

Baca Juga: 12+ Cara Memasak Makanan Agar Tetap Rendah Kolesterol Dan Lemak

6.       Sayuran Hijau

Menu diet utama dan tak boleh Anda lupakan adalah sayuran hijau. Meskipun Anda tetap harus memakan sayuran yang berwarna-warni, namun porsi sayuran hijau tetap harus lebih banyak. Nutrisi di dalamnya menjaga organ jantung untuk bekerja secara optimal.

Ada banyak ragam sayuran hijau yang bisa Anda pilih. Beberapa di antaranya adalah bayam, brokoli, sawi, dan kangkung. Sayuran tersebut mengandung serat yang sangat tinggi. Di dalamnya juga ada vitamin C, vitamin E, serat, kalium, dan folat untuk tubuh yang lebih bugar.

7.       Anggur

Buah yang satu ini merupakan solusi yang tepat untuk camilan para penderita penyakit jantung. Anggur memiliki berbagai senyawa aktif yang bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Itu sebabnya, buah ini wajib masuk ke dalam daftar menu diet Anda.

Anggur mencegah pembuluh arteri menjadi tegang yang berakhir kaku. Kulit anggur mengandung senyawa antioksidan yang bernama polifenol. Senyawa ini akan melindungi bagian endotel jantung sehingga fungsinya normal dan optimal. Anggur juga mengurangi kadar lipid dalam darah.

8.       Apel

Camilan dalam diet Anda sebaiknya diganti menjadi apel. Pilihan lainnya adalah menggantikan menu makan malam sebanyak dua hari dalam seminggu. Apel memiliki beberapa vitamin seperti vitamin A, B, C, dan berbagai senyawa penting seperti epikatekin, katekin, dan polifenol.

Peran apel sangat banyak terutama dalam menurunkan kolesterol. Kolesterol merupakan penyebab utama dalam masalah gagal jantung. Plak di bagian arteri bisa dicegah dengan mengonsumsi 2-3 buah apel sehari dan sebaiknya jangan kupas bagian kulitnya.

Diet seminggu untuk penderita gagal jantung

9.       Alpukat

Alpukat adalah buah yang sangat serbaguna, mulai dari meningkatkan rasa kenyang, membantu tubuh memenuhi kebutuhan vitamin, hingga memelihara kesehatan jantung. Alpukat harus masuk ke dalam diet seminggu untuk penderita gagal jantung sebagai menu sarapan.

Buah ini bisa dijadikan topping oatmeal yang Anda makan pagi hari. Pilihan lain adalah dengan menjadikannya menu camilan sebelum makan siang atau sebelum makan malam. Pilih alpukat yang sudah matang karena rasanya manis dan jangan tambahkan gula ke dalamnya.

10.    Tomat

Diet buah tomat bisa menjadi salah satu pilihan cemerlang. Anda bisa menikmati tomat dalam berbagai bentuk seperti makan mentah, di dalam sayur, atau dijadikan jus. Buah ini mengandung beta karoten, kalsium, vitamin A, dan C yang menjaga kinerja jantung tetap optimal.

Jika Anda memilih sajian jus tomat, jangan tambahkan gula ke dalamnya. Nikmatilah jus tomat dalam keadaan tawar. Jus ini bisa menurunkan LDL alias kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan begitu, tekanan darah tetap normal, sirkulasi darah normal, dan Anda terhindar dari gagal jantung.

11.    Ubi

Dalam diet ini, Anda sebaiknya tak monoton hanya dengan memakan nasi saja. Anda bisa memilih ubi jalar untuk sumber karbohidrat lain pengganti nasi. Ubi memiliki rasa yang manis dan bisa dijadikan sebagai menu sarapan atau menu makan malam.

Pilih ubi yang memiliki warna merah atau ungu karena keduanya mengandung vitamin A yang lebih banyak. Ubi juga mencegah terbentuknya kolesterol dalam darah yang sering menjadi alasan munculnya serangan jantung. Ubi sebaiknya dihidangkan dengan cara direbus.

12.    Ikan Salmon

Salmon merupakan jenis ikan yang memiliki kandungan omega-3 tertinggi dibandingkan jenis ikan lainnya, omega-3 berperan besar dalam memerangi penyumbatan pembuluh darah yang mengalir ke jantung. Detak jantung yang tidak normal pun bisa diatasi dengan konsumsi salmon.

Hidangan salmon bisa Anda konsumsi pada siang atau malam hari. Campurkan dengan jenis sayuran lain yang berwarna-warni, baik dibuat sayur bening maupun ditumis. Makanlah dua porsi salmon dalam seminggu diet yang Anda lakukan.

 Baca Juga: 8 Cara Menurunkan Kolesterol Jahat Dengan Cepat

Diet seminggu untuk penderita gagal jantung bisa dilanjutkan ke hari-hari berikutnya. Menu yang ada di dalamnya sangat sehat untuk taraf hidup yang lebih panjang. Dengan begitu, Anda tidak lagi perlu mengeluh rasa sakit yang tiba-tiba menyerang jantung Anda.

What do you think?

Written by Edy Irawan

Seorang Perawat Yang Gemar Menulis Dan Membaca Buku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.