in

Diet Sehat Untuk Mengecilkan Perut Buncit

man ge39011893 1280

Diet sehat untuk mengecilkan perut buncit merupakan cara yang efektif dan efisien. Selama ini banyak yang beranggapan kalau olahraga merupakan satu-satunya cara untuk mengecilkan perut buncit. Hal itu tidak sepenuhnya benar. Sejatinya, diet sehat atau pola pengaturan makananlah yang lebih menentukan.

Walaupun olahraga ditingkatkan tapi bila asupan makanan atau diet sehat tidak diperhatikan, maka impian untuk mengecilkan perut hanyalah impian.

Sebelum kita membahas diet sehat untuk mengecilkan perut buncit, terlebih dahulu kita pelajari apa itu perut buncit dan penyebabnya:

Perut buncit secara umum disebabkan oleh obesitas atau jumlah lemak dalam tubuh melebihi batas normal yang menumpuk di bagian tubuh tertentu. Pada pria, jumlah lemaknya umumnya berkumpul di perut, sementara pada wanita menumpuk di dada dan panggul. Mengumpulnya lemak di perut pada pria dikarenakan perut adalah tempat longgar pada pria dan pernafasan laki-laki yang menggunakan perut, sementara pada wanita menggunakan pernafasan dada.

Untuk pria Asia, ukuran lingkar perut yang normal tidak lebih dari 90 cm, dan bagi wanita tidak lebih dari 80 cm, yang diukur melingkar setinggi pusar. Di usia 20 tahunan, metabolisme yang tadinya bersifat membangun, secara perlahan-lahan menjadi metabolisme mendatar bahkan melambat seiring bertambahnya umur. Metabolisme yang mendatar dan melambat inilah yang menyebabkan penurunan masa otot dan tulang , tapi meningkatkan timbunan lemak.

Jenis lemak diperut ada dua: lemak subkutan yang berada di bawah kulit dan lemak visceral yang berada di bawah rongga perut. Dibandingkan dengan subkutan, lemak visceral memiliki dampak buruk. Dalam jumlah yang berlebih, lemak visceral bisa mengganggu kerja hormon insulin yang mengatur gula darah di seluruh tubuh.

man ge39011893 1280
 Perut Buncit Menimbulkan Masalah Kesehatan

Diet sehat untuk mengecilkan perut buncit yang perlu diperhatikan adalah keseimbangan, baik itu masukan dan pengeluaran.Kalori yang diserap harus sepadan dengan energi yang dikeluarkan, makanan yang dikomsumsi harus seimbang dengan aktivitas yang dilakukan.

Dalam menjalankan diet sehat, ada tiga jurus mujarab untuk mengecilkan perut buncit:

Diet sehat untuk mengecilkan perut buncit adalah dengan cara 3 J yaitu: jumlah, jenis, dan jadwal.

Jumlah:

Langkah diet sehat untuk mengecilkan perut buncit pertama yaitu dengan melihat jumlah energi yang dibutuhkan seseorang dalam sehari. untuk menghitung kebutuhan kalori, mula-mula hitung dulu angka metabolisme basal (AMB), lalu hasil AMB dikalikan dengan variabel dari aktivitas fisik (ringan: 1,55, sedang: 1,70, berat: 2,00). Rumus AMB sendiri adalah: 0,9 kkal x berat badan kg x 24 jam.

Contoh: Si C memiliki berat badan 70 kg dan dia adalah karyawan kantoran yang kerjanya duduk seharian di depan komputer. Jadi bisa disimpulkan: berat badan si C 70 kg, dengan aktivitas fisik masuk ringan dengan skor: 1,55.

Terlebih dahulu kita hitung AMB: 0,9 kkal x 70 kg x 24 jam = 1.512. Jadi kebutuhan energi harian si C adalah: 1,55 x 1.512 = 2.343,6.

Dengan mengetahui jumlah energi yang dibutuhkan sehari, seseorang bisa mengecilkan perut buncit tanpa olahraga, meskipun prosesnya lebih lama.  Cara diet sehat untuk mengecilkan perut buncit adalah dengan mengurangi asupan kalori. Jika idealnya mengkomsumsi 2.000 kal, untuk selanjutnya bisa dengan asupan kalori 1.500 kal, sementara sisanya diambil dari timbunan kalori yang ada di dalam perut. Mula-mula lemak di subkutan, lama-lama diambil di lemak visceral.

Jenis:

Langkah kedua diet sehat untuk mengecilkan perut buncit adalah jenis asupan makanan yang hendak dikomsumsi. Seperti kita ketahui terjadinya perut buncit adalah dikarenakan masuknya jenis karbohidrat dan lemak dalam jumlah yang banyak. Hal pertama dalam diet sehat untuk mengecilkan perut buncit adalah dengan mengganti jenis karbohidrat.

Sebaiknya pilih karbohidrat kompleks dibandingkan karbohidrat simpleks, Adapun bahan makanan karbohidrat kompeks adalah beras merah, roti gandum, dan labu siam.

Berikut ini adalah sumber karbohidrat dengan indeks glikemik dari yang terendah sampai yang tertinggi. Indeks glikemik sendiri merupakan indikator cepat atau lambatnya unsur karbohidrat dalam meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Untuk itu pilihlah makanan yang indeks glikemik yang rendah agar tidak terjadi peningkatan berat badan.

Sumber Karbohidrat Dengan Indeks Glikemiks Rendah (Kurang Dari 55):

  1. Kacang kedelai (16)
  2. Wortel (34)
  3. Apel (36)
  4. Kurma (42)
  5. Soun Basah (40)
  6. Jagung (46)
  7. Gandum Utuh (37)

Sumber Karbohidrat Dengan Indeks Glikemiks Sedang (55 – 69):

  1. Makaroni (64)
  2. Mi Telur (57)
  3. Jagung Manis (52)
  4. Nanas (59)
  5. Ubi (63)
  6. Labu (64)

Sumber Karbohidrat Dengan Indeks Glikemiks Tinggi Yang Sebaiknya Dihindari:

  1. Nasi Putih (73)
  2. Roti Tawar Putih (75)
  3. Semangka (76)
  4. Kentang Rebus (78)
  5. Cornflakes (81)
  6. Kerupuk Beras (87)
  7. Gula Pasir (100)

Berikut adalah diet sehat untuk mengecilkan perut buncit melalui pengurangan asupan kalori lewat kebiasaan makan:

  1. Menghindari makanan berkalori tinggi.
  2. Memilih makanan berkalori rendah seperti sayuran. Makanan berkalori rendah seperti: agar-agar, cincau, rumput laut, kolang-kaling, kacang kedelai, wortel, dll.
  3. Mengisi piring terlebih dahulu sayuran rendah kalori dan mengisi lambung dengan satu gelas air putih sebelum makan. Sebaiknya gunakan piring datar dan bukan yang cekung. Jika masih lapar yang ditambah adalah sayuran.
  4. Memangkas bagian berlemak atau berminyak dari makanan: jika kita makan makanan berlemak yang digoreng dengan tepung. Maka sebaiknya buang tepung, kulit, dan gajihnya dari makanan.
  5. Menguyah makan perlahan-lahan.

Diet sehat untuk mengecilkan perut buncit yang tidak kalah penting adalah pemilihan lemak. Sebaiknya pilih lemak tak jenuh yang bisa ditemukan pada ikan salmon, ikan kembung, ikan tuna, alpukat, minyak zaitun, minyak canola, dan beberapa jenis kacang-kacangan.

Baca Juga: Ciri Dan Penyebab Penyakit Jantung di Usia Muda

Diet sehat lainnya yang menjadi perhatian adalah: protein. Asupan protein harian kita sebaiknya ditambah. Seperti kita ketahui, protein merupakan sumber pertumbuhan, penghasil kalori yang akan memberikan rasa kenyang yang relatif lama, dan mempunyai sifat mengurangi lemak di tubuh tanpa mengurangi masa otot kita.

Serat adalah diet sehat selanjutnya untuk mengecil perut buncit. Serat yang larut bermanfaat untuk mengikis kelebihan kolesterol  jahat dalam tubuh kita dan meningkatkan lemak baik (HDL) pada tubuh kita. Contoh makanan serat larut yang baik untuk mengecilkan perut buncit adalah pepaya, jeruk, kismis, dll. Sedangkan makanan serat tidak larut bisa diperoleh dari sayuran kangkung, bayam, kubis, katuk, dan lain-lain.

woman g67949e427 1280

Jadwal:

Diet sehat untuk mengecilkan perut buncit selanjutnya adalah jadwal. Dalam sehari tetap dianjurkan makan besar tiga kali dalam sehari: sarapan, makan siang, dan makan malam sebelum jam 18.00. Jangan karena semangat-semangatnya mengecilkan perut buncit kita sampai mogok makan yang menyebabkan berbagai masalah kesehatan muncul.

Melewatkan sarapan di pagi hari akan memperburuk sistem metabolisme tubuh dan berisiko makan berjumlah banyak pada saat makan siang karena kelaparan. Adapun makan malam yang terlalu malam berpotensi mengaktifkan growth hormon yang bersifat anabolisme. Dalam artian Ia akan mengambil makanan yang dimakan dan mengubahnya menjadi sel-sel tubuh, yang mana salah satunya adalah menjadi lemak.

Ketika hendak berolahraga, aturlah jadwal makan sejam sebelum dan sesudah berolahraga. Hal ini bertujuan agar setelah selesai berolahraga, saat dimana tubuh biasanya lapar-laparnya ia akan memakan makanan yang ada di tubuh kita. Saat kita menunda makan selama satu jam setelah makan, Ia akan memakan timbunan lemak yang ada di dalam perut. Mulai dari lemak subkutan, lama kelamaan memakan lemak di visceral.

 

What do you think?

Written by Edy Irawan

Seorang Perawat Yang Gemar Menulis Dan Membaca Buku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.