in

Diet Harian Mudah dengan Kacang-kacangan

Diet Harian Mudah dengan Kacang-kacangan

Kacang merupakan salah satu makanan yang sering dihindari seseorang ketika menjalani diet harian. Alasannya, kacang termasuk makanan yang tinggi lemak sehingga menghambat penurunan berat badan. Selain itu, sebagian wanita juga cenderung menghindari kacang karena akan memicu timbulnya jerawat.

Sebenarnya anggapan kacang menyebabkan gemuk itu salah kaprah. Sebab, kacang justru makanan sehat dan aman dikonsumsi ketika melakukan diet harian.

Mengkonsumsi kacang ternyata mampu mengurangi rasa lapar dan memberikan rasa kenyang lebih lama.  Kandungan protein dan lemak tak jenuhnya yang tinggi akan berperan menekan nafsu makan.

Meskipun aman, bukan berarti boleh mengonsumsinya secara berlebihan. Konsumsi kacang sebagai camilan harus sesuai porsi.

Apabila terlalu banyak mengkonsumsi kacang-kacangan akan memberikan asupan kalori berlebih. Berikut tips mengonsumsi kacang ketika diet:

  • Hindari makan kacang yang digoreng atau ditambahkan dengan cokelat atau gula dalam semangkok dessert.
  • Kacang yang aman untuk berat badan adalah dengan cara direbus, dikukus (untuk kacang edamame), ditambahkan dalam sup dan salad.
  • Selain mengonsumsi dalam bentuk aslinya, kacang dapat dikonsumsi adalah kacang yang sudah diolah menjadi selai.

Jenis kacang-kacangan tersebut juga mudah ditemukan di Indonesia. Apabila Anda sedang mencari makanan sehat ketika menjalani diet harian, bisa coba jenis kacang berikut ini

Baca jugaBagaimana Cara Mengatur Menu Diet Seminggu Untuk Hepatitis?

Kacang-kacangan yang Baik untuk Diet

Kacang tanah

Kacang tanah mengandung polifenol, antioksidan, flavonoid, dan asam amino. Penelitian telah menunjukkan semua komponen ini bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Lemak dalam kacang sebagian besar adalah asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Artinya, kacang tanah aman dikonsumsi ketika menjalani diet harianasalkan tidak berlebihan.

2. Kacang almond

Apabila dibandingkan dengan kacang tanah, kacang almond memang lebih jarang dan harganya lebih mahal. Tetapi, kacang almond juga mengandung lemak tak jenuh tunggal sehingga aman dikonsumsi saat diet.

Kacang almond juga mengandung vitamin dan mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium dan vitamin E.

3. Kacang pistachio

Kacang Pistachio mengandung tinggi protein dan nutrisi penting lainnya. Kacang ini juga sebagai sumber asam lemak sehat dan antioksidan.

Kacang pistachio memiliki efek menguntungkan pada tekanan darah dan fungsi endotel, yang dapat menyebabkan penurunan risiko masalah kesehatan terkait jantung.

Asam lemak tak jenuh tunggal yang sehat dan tak jenuh ganda membentuk sebagian besar kandungan lemak dalam pistachio. Jadi, sudah jelas kalau kacang pistachio sangat aman di konsumsi saat berdiet.

4. Kacang jambu mete

Sebagian besar lemak dalam kacang mete merupakan lemak tak jenuh tunggal sehingga tidak akan membuat berat badan kamu melonjak naik.

Kacang mete juga mengandung vitamin dan mineral penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor dan kalium.

5. Kacang kenari

Kacang kenari mengandung kalori yang lebih tinggi daripada beberapa kacang lainnya. Meskipun demikian, kandungan karbohidrat dalam kacang kenari lebih rendah daripada jenis kacang lain.

Jumlah kalori yang tinggi disebabkan oleh kandungan lemak yang sangat tinggi. Tetapi lemak dalam kacang kenari adalah lemak tak jenuh ganda yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan

What do you think?

Written by Jesica Putri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.