in ,

Daftar Sampel Menu Diet Seminggu Untuk Penderita Kanker

Menu diet penderita kanker

Menurut seorang ahli nutrisi luar negeri bernama Lindsay Malone, nutrisi seimbang merupakan yang paling dibutuhkan oleh penderita kanker. Karena itu, penting untuk mengetahui meal plan atau menu diet seminggu untuk penderita Kanker agar pengobatan yang didapat bisa lebih optimal.

Menu Diet Seminggu Untuk Penderita Kanker

Penyakit kanker muncul ketika pertumbuhan sel di dalam tubuh tidak bisa dikendalikan dan membentuk jaringan baru yang memiliki genetik berbeda (abnormal) dengan jaringan yang sudah ada.

Jika jumlahnya terus bertambah dan tidak mendapat penanganan maka bisa merusak fungsi organ-organ di dalam tubuh dan mengancam jiwa. Karena itu, tubuh pasien harus lebih kuat agar bisa mengendalikan pertumbuhan sel-sel lewat pengobatan sambil memperbaiki jaringan yang rusak.

Selain dari obat, salah satu cara terbaik adalah lewat makanan yang biasanya diterapkan lewat menu diet jenis food combining, raw food, atau ketogenik. Adapun contoh menu diet seminggu untuk penderita kanker adalah:

1. Senin

a. Pagi:

Selain menyehatkan, smoothies menjadi salah satu jenis minuman yang lezat dan banyak disukai tidak hanya untuk orang-orang yang sedang diet tapi juga kebanyakan orang. Smoothies sendiri adalah minuman kesehatan yang dibuat dari buah dan sayuran.

Meskipun rasanya tidak akan begitu enak untuk penderita kanker, namun smoothies menjadi salah satu pilihan ideal untuk makan pagi. Ditambah dengan sepotong muffin berbahan gandum yang dimasak dengan cara dipanggang, lalu diberi olesan selai kacang.

Salah satu smoothies yang cocok untuk penderita kanker adalah campuran 1/2 cangkir air jeruk bersama dengan pisang dan blueberry beku yang ditambah dengan susu almond vanilla.

Menu diet untuk penderita kanker

b. Siang

Menurut Current Nutrition and Food Science, kacang putih dapat membantu pengobatan kanker kolorektal (kanker payudara, kanker prostat, kanker usus besar). Alasannya karena dapat membantu pertumbuhan serta perbaikan sel-sel tubuh selama pengobatan.

Anda bisa memasak kacang putih dengan merebusnya bersama dengan bawang merah yang sudah dipotong dadu dan peterseli dan kemangi yang sudah dicincang. Setelah matang, sajikan bersama sup tomat dan roti gandum.

c. Malam

Pizza bayam mungkin masih sedikit asing untuk sebagian orang, namun sudah populer di kalangan orang-orang yang menerapkan pola hidup sehat. Resep dan cara membuatnya sudah tersebar di internet dan cara membuatnya termasuk tidak susah karena tanpa oven.

2. Selasa

a. Pagi

Anda bisa membuat telur orak arik dengan campuran irisan bawang bombay, thyme kering, dan brokoli cincang yang dimasak dengan minyak zaitun. Lalu sajikan dengan sepotong roti gandum utuh dan segarkan dengan segelas jus buah bit.

Menurut sebuah jurnal berjudul Penyebab Kanker dan Contoh Menu untuk Kanker, jus buah bit termasuk salah satu yang cocok untuk penderita kanker karena tinggi zat besi dan vitamin A.

b. Siang

Salmon menjadi salah satu ikan yang cukup mahal tapi sesekali bisa dicoba menjadi salah satu menu diet seminggu untuk penderita kanker. Agar rasa hidangan lebih kaya rasa, Anda bisa tambahkan tomat ceri dan buncis.

c. Malam

Salah satu ide makan malam yang bisa dicoba adalah chicken tacos. Tacos adalah salah satu hidangan asal Meksiko berupa gulungan tortila dengan aneka macam isian sayur di bagian dalam. Isian utamanya bisa berupa daging ayam, sosis, telur dadar, atau daging asap.

Dada ayam menjadi salah satu bahan yang menyehatkan untuk penderita kanker yang bisa dibuat menjadi tacos. Dikombinasikan potongan buah mangga, jicama, bawang bombay cincang, dan sejumlah bahan lain yang resepnya bisa Anda temukan di internet.

3. Rabu

a. Pagi

Cereal bar menjadi salah satu snack sehat yang sedang sangat hype di kalangan pecinta pola hidup sehat. Anda bisa membeli produk jadi atau membuatnya sendiri dengan petunjuk dari resep online. Agar kandungan gizi yang didapat lebih lengkap, Anda bisa menambahkan 1 buah pir segar.

b. Siang

Sup pure kentang bisa menjadi menu untuk makan siang. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat hidangan ini adalah 1 gelas kaldu ayam, 100 gr kentang yang sudah direbus dan dihaluskan, 10 cc susu, 1/2 sdt seledri cincang, dan 10 gr keju parut.

Setelah kentang dihaluskan, masukkan ke dalam kaldu yang sudah mendidih lalu masukkan susu dan tunggu sampai mendidih lagi. Jika sudah matang, sajikan dengan taburan keju dan seledri.

c. Malam

Chicken gloria casserole menjadi salah satu menu makan malam yang cocok untuk penderita kanker. Hidangan pasta asal Eropa ini sangat populer karena memiliki cita rasa lezat dengan daging ayam bertekstur empuk.

Namun untuk Anda yang kurang ahli memasak, hidangan ini termasuk tidak mudah dibuat. Oleh karena itu, akan lebih praktis jika membeli jadi.

4. Kamis

a. Pagi

Anda bisa mengolesi roti gandum dengan mentega almond. Lalu beri potongan pisang di atasnya dan nikmati dengan minuman lezat green tea latte.

b. Siang

Waldorf Chicken Salad bisa menjadi menu makan siang di hari Kamis yang bisa dibuat sendiri. Bahan-bahan yang dibutuhkan berupa dada ayam, potongan buah apel, anggur merah, yogurt tanpa rasa, air lemon, mayonnaise, mustard, bawang bombay, seledri, dan sejumput garam serta merica.

c. Malam

Saat malam, Anda bisa coba menu daging ayam yang direbus, lalu dimatangkan dengan digoreng menggunakan minyak zaitun.

5. Jumat

a. Pagi

Jumat pagi Anda bisa mencoba dua butir telur dadar tanpa garam dan segelas jus jeruk segar dengan atau tanpa es batu.

b. Siang

Sup krim bisa menjadi hidangan santap siang yang lezat di yang mudah dibuat dan tidak membutuhkan waktu lama.

Kreasi sup ini juga sudah sangat banyak termasuk zuppa soup, sup krim jagung, krim sup makaroni, krim sup daging, sup krim keju, sup krim kentang brokoli, dan banyak lagi.

c. Malam

Spaghetti berbahan dasar gandum menjadi pilihan tepat untuk menjadi hidangan terakhir di hari Jumat karena lebih rendah karbohidrat yang perlu dihindari oleh penderita kanker.

Diet karbo sendiri menjadi salah satu yang disarankan dalam pengobatan kanker agar sel-sel abnormal tadi “kelaparan” dan akhirnya mati.

6. Sabtu

a. Pagi

Olahan oatmeal bisa menjadi salah satu pilihan untuk sarapan yang praktis dibuat. Sejumlah kreasi olahan oatmeal termasuk oatmeal pisang coklat, oatmeal dengan kacang almond, pancake oatmeal, oatmeal smoothie, oatmeal sayuran, dan bubur ayam oatmeal.

menu diet untuk penderita kanker

b. Siang

Salmon panggang akan memberikan Anda lemak yang dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki jaringan yang rusak. Waktu ideal untuk mengkonsumsinya adalah saat siang atau malam hari.

c. Malam

Anda bisa membuat sup kental khas Italia bernama Minestrone. Makanan ini terbuat dari tiga bahan utama yakni kale, kacang, dan labu. Anda bisa nikmati sup ini dengan roti gandum utuh agar lebih kenyang.

7. Minggu

a. Pagi

Jika masih sangat merasa mual, Anda bisa sarapan dengan snack seperti potongan buah segar di pagi hari. Bisa juga mencoba puding yang dibuat dari kacang atau susu skim.

b. Siang

Sup sayur atau sup kacang polong bisa menjadi pilihan makan siang bersama dengan nasi merah dan segelas jus jeruk.

c. Malam

Daging panggang dengan tekstur empuk bisa menjadi menu makan malam. Menu ini mengandung banyak protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh selama masa pengobatan kanker.

Baca Juga: Anjuran Dan Aturan Komsumsi Buah Dan Sayur Menurut WHO

Cancer survivor biasanya akan mengalami penurunan selera makan sangat drastis selama masa pengobatan sehingga membutuhkan menu diet seminggu untuk penderita kanker. Menu makanan ini menjadi solusi efektif dalam memenuhi asupan gizi serta nutrisi serta mengurangi mual.

What do you think?

Written by Edy Irawan

Seorang Perawat Yang Gemar Menulis Dan Membaca Buku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.