in , ,

Cara Mengatasi Asam lambung Saat Hamil

Cara Mengatasi Asam lambung Saat Hamil

Asam lambung bisa saja terjadi pada setiap wanita, khususnya saat hamil. Asam lambung aaat hamil menjadi kekhawatiran tersendiri, terlebih tidak tahu cara mengenai cara mengatasinya. Itulah sebabnya ibu hamil tidak boleh mengonsumsi obat secara sembarangan.

Asam lambung naik ketika hamil disebabkan karena adanya perubahan hormon. Saat hamil, terjadi proses peningkatan hormon progesteron yang menyebabkan makanan sulit dicerna sehingga dapat berpotensi meningkatnya asam lambung.

Semakin usia kehamilan bertambah, risiko asam lambung naik juga akan semakin meningkat. Sebab ada tekanan pada saluran pencernaan karena rahim semakin membesar.

Baca juga6 Kegiatan yang Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil

Apabila tidak ditangani secepat mungkin, kondisi ini akan menyebabkan ibu hamil tidak dapat memenuhi asupan nutrisi sehari-hari. Tentunya hal ini akan berpengaruh pada kesehatan ibu dan janin.

Untuk membantu dan mencegah asam lambung kambuh saat hamil, ada beberapa hal yang bisa Ibu lakukan, diantaranya adalah :

1. Makan dengan Porsi Sedikit Tetapi Sering

Ibu hamil perlu menghindari makan dalam porsi banyak dalam sekali makan apabila tidak ingin  asam lambung menjadi naik. Akan lebih baik apabila makan dalam porsi sedikit-sedikit, tetapi lebih sering.

Cara ini akan membantu kondisi perut menjadi tidak kosong dalam jangka waktu yang lama.

Selain itu, jangan lupa untuk menyiapkan camilan yang sehat sebagai selingan agar asam lambung tidak naik saat hamil.

2. Makanlah Secara Perlahan

Saat ibu hamil sedang makan, usahakan jangan makan terlalu cepat. Cobalah untuk mengunyah dan menikmati makanan secara perlahan.

Cara ini dapat mencegah asam lambung naik saat hamil, sekaligus menghindari dari makan secara berlebihan.

3. Hindari Makanan Pemicu Asam Lambung

Menghindari makanan pemicu asama lambung adalah cara terbaik unuk mencegah asam lambung naik. Hindari makanan yang mengandung asam dan pedas, minuman bersoda, ataupun kafein.

Perhatikan juga buah-buahan yang dikonsumsi, seperti jeruk. Meski rasanya segar, rasa asam pada buah-buahan seperti jeruk dapat memicu asam lambung.

4. Jangan Langsung Berbaring Setelah Makan

Hindari secara langsung berbaring setelah selesai makan. Cara ini akan membantu mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan. Dengan begitu, asam lambung naik saat kehamilan tidak akan terjadi.

Usahakan untuk melakukan aktivitas ringan dalam keseharian, seperti berjalan santai atau hanya sekadar duduk.

5. Beri Jeda Waktu Makan dengan Waktu Tidur

Saat ibu hamil besar, bukan tidak mungkin asam lambung naik ketika sedang tidur. Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya berikan jeda antara makan malam dan waktu tidur.

Ibu hamil dianjurkan makan malam setidaknya 3-4 jam sebelum jam tidur malam, Agar asam lambung tidak naik dan tidak sering kambuh.

6. Minum Minuman yang Hangat

Cara lain untuk meredakan asam lambung saat ibu hamil adalah dengan konsumsi minuman hangat, seperti air jahe hangat.

Jahe termasuk bahan alami yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, seperti mual dan begah.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar asam lambung tidak naik saat ibu hamil. Apabila keluhan tidak kunjung membaik dan disertai dengan tanda bahaya, seperti sulit makan, penurunan berat badan, atau BAB berwarna hitam, Anda wajib berkonsultasi dengan dokter.

What do you think?

Written by Jesica Putri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.