in ,

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Hamil di Usia 40 Tahun Keatas

Hamil di Usia 40 Keatas

Tidak ada waktu yang tepat atau alat untuk memprediksi waktu kehamilan. Tetapi perlu diketahui bahwa wanita hamil di usia 40 tahun keatas dapat meningkatkan lebih banyak risiko.

Setiap wanita memiliki alasan sendiri mengapa tidak harus hamil atau memiliki keturunan secara terburu-buru. Alasan untuk menunda kehamilan diantaranya ingin mengejar karier, atau karena alasan yang lain.

Tetapi banyak diantara wanita yang terlambat menikah sehingga hamil pada usia sekitar umur 40 tahun. Meskipun banyak wanita yang hamil dan melahirkan di pada usia tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Baca jugaWaktu yang Tepat untuk Program Hamil ke Dokter

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Hamil di Usia 40 Tahun Ke atas

Setiap wanita hamil memiliki risiko keguguran, dan risiko tersebut akan semakin meningkat ketika usia bertambah.

Salah satu risiko kehamilan di usia 40 tahun keatas wanita cenderung memiliki kondisi kronis dibandingkan jika hamil di usia lebih muda.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan ketika wanita hamil di usia 40 tahun keatas.

1. Risiko Kehamilan setelah Usia 40-an

Pada dasarnya setiap wanita sehat tetap bisa mengalami komplikasi kehamilan. Kondisi kronis seperti tekanan darah tinggi, diabetes atau penyakit tiroid akan mempersulit kehamilan dan akan berpotensi meningkatkan keguguran, termasuk lahir mati.

Wanita hamil di atas usia 40 tahun lebih akan berpotensi mengalami:

  1. Kelahiran sesar.
  2. Bayi mengalami berat badan lahir rendah.
  3. Komplikasi kehamilan, diabetes, termasuk tekanan darah tinggi dan preeklampsia.
  4. Persalinan prematur dan kelahiran prematur.

2. Perubahan Fisik Selama Waktu Kehamilan

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Hamil di Usia 40 Tahun Keatas

Salah satu risiko terbesar bagi kenyamanan dengan kehamilan di usia 40 tahun keatas adalah tingkat kebugaran fisik secara keseluruhan.

Apabila waniata sebelumnya sangat aktif dan jarang sakit, maka cenderung mengalami proses kehamilan yang cukup normal secara fisik.

Apabila wanita sebelumnya jarang melakukan olahraga, maka lebih rentan untuk mengalami stres fisik dan ketegangan kehamilan. Meskipun begitu, wanita tetap harus melakukan olahraga pada masa kehamilan.

3. Skrining untuk Down Syndrome

Pemeriksaan genetik direkomendasikan untuk wanita hamil di usia berapapun. Tetapi, wanita di usia 40 keatas skrining geneti lebih diutamakan.

Pemeriksaan genetik pada umumnya ditawarkan saat periksa kehamilan. Apabila hasil skrining  bahwa risiko ibu memiliki anak dengan Down syndrome 1:200, maka hal ini dinyatakan sebagai hasil “negatif” sebab risiko statistik yang jadi patokan adalah 1:100.

Sedangkan apabila hasilnya 1:80, maka dianggap sebagai hasil yang “positif”. Itu artinya, risiko wanita melahirkan dengan Down syndrome lebih tinggi dibanding statistik.

4. Menghadapi Persalinan

Persalinan berisiko lebih tinggi dan menyebabkann lebih banyak komplikasi. Apabila hal ini bukan kelahiran bayi pertama, risiko persalinan dan kelahiran prematur akan lebih kecil dibanding wanita yang melahirkan bayi pertama di atas usia 40.

Usia dan kondisi mental wanita dapat meningkatkan risiko komplikasi selama persalinan, termasuk induksi persalinan, operasi caesar, dan pendarahan.

5. Kesehatan Pasca Persalinan

Hal utama yang dikhawatirkan pada wanita hamil di usia 40 tahun keatas adalah kesehatan bayi. Meskipun bayi yang dilahirkan pada wanita di usia 40-an lebih cenderung mengalami komplikasi, Tetapi dengan perawatan yang baik dan teknologi modern, sebagian besar bayi akan terlahir sehat.

Penting untuk diketahui bahwa peningkatan risiko komplikasi tidak sama dengan jaminan komplikasi kehamilan di usia 40-an.

Baca jugaCara Merencanakan Kehamilan Serta Menghindari Bahayanya

Tetapi dengan perawatan prenatal yang tepat, peluang wanita memiliki bayi yang sehat jauh lebih besar.  Teknologi kesehatan juga semakin maju, terutama untuk kesehatan wanita selama masa kehamilan.

What do you think?

Written by Jesica Putri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.