in ,

9 Jenis Sayur Dan Buah Untuk Penderita Diabetes Melitus

sayur dan buah untuk penderita diabetes

Penderita diabetes melitus harus berhati-hati memilih asupan makanan juga minuman. Ada beberapa jenis makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi sehingga berisiko menaikkan gula darah dengan cepat. Oleh sebab itu, penting memilih sayur dan buah untuk penderita diabetes melitus yang aman.

Sayur dan buah untuk penderita diabetes melitus adalah yang memiliki kandungan karbohidrat rendah. Karbohidrat pada makanan terdiri dari tiga macam, yakni serat, gula dan pati. Saat memilih sayur, sebaiknya pilih sayur non pati atau mengandung sedikit pati dan lebih banyak serat yang baik.

Jenis sayur dan buah yang boleh dikomsumsi oleh penderita diabetes melitus dibagi ke dalam tiga kategori. Kategori tersebut, yakni sayur dan buah yang boleh dikonsumsi, dapat dikonsumsi dengan jumlah tertentu dan sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah sangat terbatas atau sedikit.

Berikut rekomendasi sayur dan buah untuk penderita diabetes melitus:

1. Wortel

Wortel ternyata tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan mata namun juga memiliki manfaat yang sangat besar bagi penderita diabetes melitus.

Dalam 100 gram wortel terkandung air sebanyak 88 persen, protein 0,9 gram, energi 41 kalori, karbohidrat 9,6 gram, serat 2,8 gram dan lemak yang sangat rendah. Serat yang dikandung di dalam wortel dalam bentuk serat larut berupa pektin.

sayuran yang baik untuk diabetes

Serat larut sangat baik untuk menurunkan kadar gula dalam darah dengan cara memperlampat pencernaan pati dan gula. Kandungan serat yang sangat baik bagi tubuh menjadikan wortel sebagai makanan terbaik untuk penderita diabetes melitus.

2. Pare

Pare sejak dulu dikenal luas sebagai obat bagi penderita diabetes melitus. Sayangnya, sayuran berwarna hijau dengan rasa yang pahit ini seringkali dijauhi oleh banyak orang.

Padahal, berdasarkan buku Taklukkan Diabetes, dijelaskan bahwa senyawa pare berupa sulfonilurea adalah obat anti diabetes melitus yang sangat baik. Senyawa sulfonilurea dapat menstimulasi sel beta pada kelenjar pankreas untuk memproduksi hormon insulin dengan jumlah lebih banyak.

Kurangnya hormon insulin pada penderita diabetes melitus adalah penyebab utama mengapa  kadar gula dalam darah bisa sangat tinggi. Oleh karena itu konsumsi sayur pare dapat merangsang produksi hormon insulin dari kelenjar pankreas untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

Senyawa sulfonilurea bermanfaat untuk meningkatkan deposit cadangan gula glikogen di dalam hati.

3. Kembang Kol

Salah satu jenis sayur dan buah untuk penderita diabetes melitus yang harus rutin dikonsumsi adalah kembang kol. Kembang kol memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan dan dapat dikonsumsi oleh semua kalangan.

Ada banyak kandungan nutrisi di dalam 100 gram kembang kol seperti 2,4 gram protein, 1,6 gram serat, kalsium, fosfor, besi, kalium, natrium, tembaga, seng, beta karoten, dan juga energi.

Kembang kol sangat rendah lemak yakni hanya 0,2 gram lemak saja sehingga baik untuk pengidap kolesterol tinggi. Kandungan terbesar pada kembang kol adalah air yang mencapai 91,7 gram. Energi dari 100 gram kembang kol mencapai 25 kalori.

Kembang kol juga sangat kaya akan vitamin C. Bahkan, vitamin C dari kembang kol bisa mencukupi hingga 77% kebutuhan vitamin C harian.

4. Terong

Terong adalah salah satu jenis jenis buah-buahan yang sangat sering diolah oleh masyarakat sebagai menu masakan sayur harian. Namun, siapa sangka bahwa ternyata buah terong memiliki manfaat yang sangat baik bagi penderita diabetes.

Terong mengandung banyak serat dan juga kaya akan multivitamin dan mineral. Dalam 80 gram terong, terkandung 3 gram serat, 5 gram karbohidrat dengan energi sebesar 20 kalori. Terong juga mengandung protein, vitamin C, vitamin K, mineral kalium, magnesium, zat besi dan asam folat.

Kandungan paling besar dari terong adalah air yang bisa mencapai 90% beratnya. Kandungan serat yang tinggi di dalam terong bermanfaat untuk mengontrol kadar gula di dalam darah. Bahkan, terong juga sangat baik untuk menurunkan berat badan berkat kandungan seratnya yang tinggi.

5. Buah Nanas

Buah nanas adalah alternatif pengobatan yang murah dan terjangkau untuk pasien penderita diabetes mellitus. Meski nanas terasa manis saat dikonsumsi, namun kandungan gula di dalam nanas ternyata tergolong rendah.

Buah nanas adalah alternatif pengobatan yang murah dan terjangkau untuk pasien penderita diabetes mellitus. Meski nanas terasa manis saat dikonsumsi, namun kandungan gula di dalam nanas ternyata tergolong rendah.

6. Mentimun Jepang

Timun jepang atau zucchini sangat kaya akan kandungan senyawa karotenoid yang merupakan senyawa bermanfaat terhadap kesehatan jantung. Selain itu, bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit kronis di dalam tubuh termasuk kanker.

Timun jepang atau zucchini juga kaya akan kandungan serat yang sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes mellitus.

Dengan kandungan seratnya yang tinggi, konsumsi timun jepang atau zucchini dalam jumlah tertentu dapat mengenyangkan tubuh dan menunda lapar sehingga ideal bagi pasien diabetes.

7. Bayam

Jenis sayuran berwarna hijau memang sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh pasien diabetes. Salah satu sayuran hijau yang sangat baik dikonsumsi oleh pasien diabetes adalah bayam.

Bayam dikenal kaya akan serat, namun rendah kalori sehingga tidak berisiko meningkatkan kadar gula dalam darah. Bayam juga kaya akan antioksidan, seperti zeaxanthin dan juga lutein.

Beragam nutrisi lainnya yang terkandung di dalam bayam seperti multivitamin, mineral zat besi, magnesium, asam folat, kalium dan juga kalsium. Untuk penderita diabetes disarankan untuk mengkonsumsi bayam dengan cara direbus atau dikukus.

Sebaiknya hindari pengolahan makanan secara berlebihan dengan menggunakan banyak penyedap rasa. Anda bisa mengolah bayam menjadi sayur bening dengan sedikit tambahan garam.

8. Tomat

Kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi bisa menyebabkan berbagai kerusakan di dalam tubuh, seperti pembuluh darah serta saraf yang bertugas untuk mengontrol organ jantung. Kerusakan pada saraf dan pembuluh darah dapat menyebabkan timbulnya penyakit jantung hingga stroke.

Untuk mencegah timbulnya penyakit kronis lainnya yang disebabkan oleh kerusakan organ dan saraf akibat kadar gula dalam darah yang tinggi, Anda bisa mengkonsumsi buah tomat. Buah tomat mengandung senyawa alami likopen yang merupakan salah satu jenis antioksidan.

Senyawa likopen memiliki manfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung serta kanker.

buah untuk diabetes melitus

9. Selada

Saat berbicara sayuran selada, tentu ada banyak jenisnya seperti romaine, iceberg, dan sebagainya. Namun, secara umum seluruh jenis selada tersebut memiliki manfaat yang sangat baik bagi penderita diabetes.

Manfaatnya yang sangat baik bagi penderita diabetes dikarenakan kandungan serat dan air yang tinggi. Selain itu, vitamin K di dalam selada juga memiliki khasiat sangat baik untuk membantu proses pembekuan darah.

Baca Juga: Menu Diet Diabetes Melitus Seminggu Yang Sehat Dan Aman

Jenis sayur dan buah untuk penderita diabetes melitus yang baik adalah yang mengandung serat dalam jumlah banyak namun rendah gula. Kandungan serat di dalam sayur dan buah bermanfaat untuk membantu mengontrol kadar gula dalam darah agar kadarnya tidak meningkat secara drastis.

What do you think?

Written by Edy Irawan

Seorang Perawat Yang Gemar Menulis Dan Membaca Buku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.