in

9 Efek Buruk Terlalu Banyak Tidur

Terlalu banyak tidur

Tidur merupakan salah satu bentuk istirahat terbaik bagi tubuh yang bertujuan untuk memulihkan dan mengembalikan energi. Dengan begitu seseorang dapat menjalankan aktivitas pada keesokan hari. Tetapi, ternyata terlalu banyak tidur juga memiliki efek buruk.

Saat kita terlelap tidur, otak akan membersihkan racun-racun tidak berguna yang terbentuk ketika kita berpikir seharian. Tidur juga akan mengistirahatkan kia dari berbagai beban ikiran, karena kondisi tidur adalah keadaan dibawah alam sadar.

Tetapi perlu diperhatikan, terlalu banyak tidur atau oversleeping ternyata juga tidak baik untuk kesehatan.

Berikut 9 efek buruk terhadap kesehatan apabila seseorang terlalu banyak tidur.

1. Diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur lebih dari jam normal (sekitar 7 jam) lebih cenderung berisiko untuk terkena diabetes.

Apabila ada keluarga yang memiliki riwayat genetik penyakit diabetes, sebaiknya lebih membatasi waktu tidur agar tidak berlebihan.

2. Penyakit Jantung

Apabila seseorang secara teratur tidur selama lebih dari 8 jam setiap malam, maka akan berada pada peningkatan risiko terkena penyakit jantung.

Menurut beberapa penelitian, terdapat kaitan antara orang-orang yang tidur 9-12 jam setiap malam dan peningkatan kemungkinan untuk terkena penyakit jantung.

Baca jugaJenis, Penyebab dan Gejala Penyakit Jantung Yang Harus Anda Ketahui

3. Penurunan kemampuan mengingat

Tidur selama lebih dari 8-9 jam per malam dapat mempengaruhi kinerja otak Anda. Kebiasaan ini diketahui dapat memperlambat fungsi sel-sel otak dan menimbulkan efek penuaan memori lebih cepat dari yang seharusnya.

4. Depresi

Beberapai penelitian mengenai masalah depresi.cenderung terjadi pada orang yang tidur lebih banyak.

Karena depresi akan membuat kondisi badan justru menjadi lebih buruk dan pada akhirnya menimbulkan banyak masalah penyakit lainnya

5. Sakit kepala

Apabila sering mengalami sakit kepala, bisa jadi karena terlalu banyak tidur. Karena akan mempengaruhi neurotransmitter di otak yang mengarah pada munculnya masalah sakit kepala.

6. Sakit punggung

Menurut beberapa penelitian, terlalu banyak tidur merupakan akibat dari kurangnya gaya hidup aktif dan dapat menyebabkan sakit nyeri punggung bawah.

7. Obesitas

Banyak makan, terlalu banyak tidur, dan memiliki gaya hidup non-aktif akan berisiko menyebabkan terjadi obesitas.

Menurut sebuah studi, orang-orang yang terlalu banyak tidur memiliki risiko 21 persen lebih tinggi untuk terkena obesitas dibandingkan dengan mereka yang tidur dalam batas jam normal.

8. Kematian

Meskipun alasan yang tepat dari fakta masih belum diketahui secara pasti, tetapi berbagai penelitian telah menunjukkan adanya hubungan antara tidur terlalu banyak dengan tingkat kematian yang lebih tinggi.

9. Kurangnya Minat untuk Bersosialisasi

Terlalu banyak tidur tidak hanya akan mempengaruh kesehatan fisik, tetapi juga dapat mempengaruhi kehidupan sosial.

Ketika seseorang menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur, maka dapat dipastikan keterlibatan sosialnya di lingkungan sekitar menjadi berkurang.

Secara bertahap, seseorang akan kehilangan minat bersosialisasi dan pada akhirnya berpebgaruh kepada kepribadian yang cenderung negatif.

Nah, itulah beberapa efek buruk karena terlalu banyak tidur untuk kesehatan. Semoga Anda dapat membagi porsi waktu dengan tepat antara kegiatan sehari hari dengan waktu tidur secara normal.

What do you think?

Written by Jesica Putri

One Comment

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.