in ,

6 Manfaat Puasa untuk Ibu Hamil

Manfaat Puasa untuk Ibu Hamil

Bolehkah ibu hamil melakukukan puasa saat bulan Ramadhan? Ada beberapa kekhawatiran bahwa puasa dapat memengaruhi seberapa baik bayi tumbuh di dalam rahim.  Puasa juga dapat dikaitkan dengan persalinan prematur. Benarkah demikian?

Manfaat puasa bagi ibu hamil akan dapat dirasakan apabila kondisi ibu dan janin sehat serta memungkinkan untuk menjalani puasa.

Tetapi untuk alasan kesehatan kandungan, ibu hamil tidak diwajibkan untuk berpuasa.

Usia kehamilan trimester pertama adalah waktu yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin, karena direntang waktu ini organ janin mulai terbentuk.

Oleh sebab itu, ibu hamil membutuhkan nutrisi dengan baik untuk menunjang tumbuh kembang janin.

Selain itu, ada beberapa masalah kesehatan lain yang bisa berisiko terjadi sewaktu ibu hamil menjalani puasa, diantaranya adalah

  • Tubuh terasa lemas.
  • Sakit kepala.
  • Asam lambung naik.
  • Dehidrasi.
  • Pusing.

Untuk itu sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menjalani puasa.

Berikut Ini Beberapa Tips Untuk ibu Hamil Saat berpuasa

  • Makan makanan kaya energi saat sahur
  • Tetap terhidrasi atau minum banyak air saat sahur dan buka puasa.
  • Berbuka puasa dengan makanan sehat termasuk protein, buah-buahan, kurma dan serat.
  • Berbuka puasa apabila merasa terlalu lemah atau tidak berenergi.
  • Hindari aktivitas yang menyebabkan kelelahan secara fisik saat berpuasa. Disarankan untuk tidak berjalan jauh atau membawa barang berat.
  • Kurangi pekerjaan rumah tangga dan apa pun yang membuat mudah lelah.
  • Istirahat dan tidur nyenyak. Rencanakan hari-hari di bulan ramadhan agar dapat beristirahat secara teratur.

Manfaat Puasa Untuk Ibu Hamil

Manfaat puasa untuk ibu hamil juga tidak jauh berbeda dengan manfaat yang didapatkan orang berpuasa pada umumnya.

1. Mengontrol Berat Badan

Ibu hamil akan lebih merasa lebih cepat lapar sehingga dapat meningkatkan risiko mengalami kenaikan berat badan secara signifikan, sehingga beresiko menyebabkan obesitas.

Saat berpuasa, kegiatan makan hanya dilakukan pada sore dan malam hari. Dengan begitu kenaikan berat badan saat hamil dapat lebih terkontrol.

2. Dapat Memperbaiki Metabolisme Tubuh

Manfaat puasa untuk ibu hamil diyakini dapat memperbaiki metabolisme tubuh. Ketika berpuasa, sel-sel di dalam tubuh akan membersihkan sisa-sisa kotoran dan memperbaiki gangguan pada sistem metabolisme tubuh.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Diabetes

Dengan melakukan puasa secara rutin selama bulan ramadhan dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dan meningkatkan kinerja insulin. Manfaat puasa untuk ibu hamil dapat menghindari risiko lebih rendah mengalami diabetes.

4. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Berpuasa dapat mengurangi risiko terjadinya sejumlah penyakit pada ibu hamil, seperti hipertensi, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung. Tetapi, manfaat puasa pada ibu hamil untuk hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

5. Mencegah Terjadinya Morning Sickness

Selama bulan puasa, Ibu hamil akan makan secara teratur setiap hari yaitu saat sahur dan berbuka. Ini bisa membantu terhindar dari morning sickness terutama pada awal kehamilan.

Morning sickness merupakan kondisi mual-mual sampai muntah yang biasa terjadi pada ibu hamil. Morning sickness terjadi karena asam lambung meningkat di pagi hari.

6. Baik untuk Psikologi Ibu Hamil

Selama puasa di bulan Ramadhan, Ibu hamil tidak hanya menahan lapar dan haus, tetapi juga rasa emosi. Puasa dapat memperbaiki psikologi ibu hamil yang cenderung sensitif untuk menjadi lebih sabar.

Untuk memastikan kondisi ibu hamil dan janin tetap sehat saat berpuasa, cukupilah asupan makanan bergizi saat berbuka dan sahur agar kehamilan tetap sehat.

What do you think?

Written by Jesica Putri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.