in ,

4 Manfaat Asparagus Untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami

manfaat tanaman asparagus

Khasiat dan manfaat asparagus bagi tubuh sangatlah banyak, diantaranya untuk mencegah kanker dan diabetes dan meningkatkan kesuburan. Selain itu, asparagus juga mampu mengatasi sindrom menstruasi dan masih banyak lagi.

Asparagus merupakan jenis sayuran yang banyak digunakan sebagai bahan makanan. Selain rasanya yang enak, kandungan asparagus sangat bagus untuk menjaga kesehatan karena gizi pada buah ini cukup banyak.

Selain kaya gizi, asparagus juga kaya nutrisi dan mineral, dengan kandungan tersebut maka akan mencukupi kebutuhan gizi, nutrisi dan mineral tubuh kita.

Baca juga5 Ramuan Tradisional Untuk Menambah Nafsu Makan Anak dan Dewasa

Tentang Asparagus

manfaat tanaman asparagus

Asparagus merupakan jenis sayuran yang telah cukup lama digunakan oleh masyarakat sebagai bahan makanan. Asparagus memiliki rasa yang enak dan diuretik yang membuat sayuran ini memiliki manfaat, antara lain melancarkan saluran urin dan meningkatkan kinerja ginjal.

Kandungan Asparagus

Asparagus adalah sumber asam folat nabati, rendah kalori, dan tidak mengandung kolesterol dan lemak dan mengandung rendah natrium. Tumbuhan ini mengandung suatu senyawa yang memperkuat dinding kapiler.

Asparagus merupakan sumber vitamin B6, magnesium, kalsium, seng, protein dan kaya serat. Tidak hanya itu, asparagus juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, thiamin, riboflavin, rutin,niacin, besi, mangan, tembaga, fosfor dan selenium.

Karakter Asparagus

Asparagus adalah tanaman yang berumah dua. artinya, sayuran ini ada yang jantan dan ada yang betina. Tanaman ini berasal dan banyak ditanam di Amerika, khususnya Amerika Utara. Rebung asparagus yang diambil sebagai sayuran, adalah rebung yang berwarna putih, lunak, dan gemuk.

Lahan yang dibutuhkan oleh sayuran asparagus, adalah dataran tinggi dengan ketinggian antara 600-900 m diatas permukaan laut. Sayuran ini dapat tumbuh dengan baik dan optimal pada suhu antara 15 sampai 25 derajat celcius dengan intensitas curah hujan yang cukup banyak dan merata sepanjang tahun.

Syarat utama yang sebagai lahan harus dataran tinggi, bersuhu sejuk.  Harus dekat dengan sumber air, agar saat kemarau bisa tercukupi pasokan airnya. Di indonesia masih sulit ditemukan kondisi lahan tersebut.

Manfaat Asparagus Bagi Kesehatan

Asparagus menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat dan kegunaan asparagus, antara lain:

1 . Memiliki zat Antikanker

Asparagus merupakan sumber yang kaya glutation, suatu senyawa detoksifikasi yang membantu karsinogen dan senyawa berbahaya lainnya, seperti radikal bebas.

Inilah mengapa mengonsumsi asparagus dapat melindungi dan melawan bentuk-bentuk kanker tertentu, seperti kanker tulang, kanker, payudara, laring, usus dan kanker paru-paru.

Selain hal itu, Asparagus juga kaya nutrisi dan kaya serat, asam folat, vitamin A, C, E dan K serta chromium dan mineral yang meningkatkan kemampuan insulin untuk mengangkut glukosa dari dalam aliran darah ke dalam sel, yang bermanfaat untuk meningkatkan energi tubuh.

2. Mempunyai Kaya Antioksidan

Antioksidan pada asparagus adalah yang tertinggi dibandingkan dengan buah-buahan dan sayuran lainnya. Karena itu, kemampuannya untuk menetralisir radikal bebas yang merusak sel. Ini berdasarkan penelitian pendahuluan, khasiat asparagus dapat membantu memperlambat penuaan.

3. Memiliki Sifat Antipenuaan

Manfaat asparagus untuk kecantikan kulit. Dalam hal ini asparagus bisa membuat kita awet muda, karena memiliki zat antipenuaan.

Tidak hanya itu sayuran ini juga bisa membantu otak kita untuk memerangi penurunan kognitif, seperti pikun.

Seperti sayuran hijau pada umumnya, asparagus mengandung folat, yang bekerjasama dengan vitamin B12 yang biasa diketemukan pada ikan, daging unggas, dan susu yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel otak.

4. Memiliki Sifat Diuretik Alami

Salah satu manfaat yang paling utama pada asparagus yaitu, mengandung asparagin asam amino dalam kadar tinggi, yang berfungsi sebagai diuretik alami.

Meningkatkan buang air kecil yang tidak hanya membuang cairan saja tetapi membantu tubuh dengan membersihkan dari kelebihan garam.

Hal ini sangat bermanfaat bagi orang yang menderita edema yaitu masalah pada akumulasi cairan dalam jaringan tubuh dan mereka juga memiliki masalah dengan darah tinggi atau penyakit jantung.

Mengkonsumsi asparagus dalam jumlah banyak dan berlebihan menyebabkan urine atau air kencing berbau tak sedap, hal ini disebabkan oleh kandungan kimia seperti thiopropinate dalam asparagus.

Bagi penderita asam urat tidak disarankan untuk memakan sayuran ini secara berlebihan karena kadar purin pada sayuran ini termasuk tinggi.

Menurut penelitian dari Tufts University, orang dewasa dengan sehat folat dan vitamin B12 dilakukan dengan uji coba kecepatan, dan hasilnya mereka mengasup folat sehat dan vitamin B12, memiliki respon cepat dan baik dan mental yang baik pula. itu karena mengkonsumsi sayuran asparagus.

Manfaat Asparagus dan Cara Pengolahannya

Cara mengolah asparagus sangat penting untuk Anda perhatikan. Ada tips cara memasak asparagus agar kandungan nutrisi dan antioksidan di dalamnya tidak hilang.

Memasak asparagus dengan cara dipanggang atau ditumis tanpa air, hal tersebut bisa menjadi antioksidan yang terkandung pada asparagus.

Nikmati asparagus tanpa campuran garam, mentega atau saus untuk mendapatkan sifat diuretik. Sebab garam menyebabkan retensi air pada beberapa orang.

Asparagus kaya akan triptofan yang biasanya terdapat pada produk hewani, seperti daging dan telur. Triptofan merupakan asam amino penghasil serotonin, yaitu suatu hormon untuk mengendurkan saraf pada pusat otak. karena itulah serotonin disebut juga hormon penidur.

Manfaat asparagus dan cara pengolahannya. Dengan mengkonsumsi 1 cangkir asparagus dapat memenuhi 114,8 persen dari kebutuhan tubuh akan vitamin K setiap hari.

Vitamin K berfungsi sebagai pengeluar protrombin yang diperlukan untuk pembekuan darah. Selain itu, vitamin K juga diperlukan untuk pembentukan dan perbaikan tulang.

Vitamin K dapat membantu fotosintesis osteocalcin yakni protein yang diproduksi oleh osteoblast. Osteoblast merupakan sel yang berperan dalam pembentukan dan perbaikan tulang. yang dapat mencegah masalah pengapuran tulang atau osteoporosis.

Hasil penelitian juga menyebutkan bahwa asparagus juga mampu untuk mencegah pembekakan.

Manfaat Asparagus Untuk Kesuburan dan Diet

Asparagus kaya akan kandungan vitamin E yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi hormon testosteron. Kandungan vitamin A, vitamin C dan vitamin B kompleks pada Asparagus bermanfaat untuk kesuburan.

Hal inilah yang membuat asparagus sangat baik untuk dikonsumsi pria dan wanita. Tidak hanya itu saja, dengan mengkonsumsi asparagus dengan rutin berkhasiat menyembuhkan impotensi.

Manfaat asparagus untuk diet

Asparagus merupakan salah satu sayuran untuk diet. Sebagai sayuran untuk diet, asparagus memiliki manfaat untuk menyehatkan pencernaan dan mampu menjaga dan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga berat badan tetap ideal dan porposional. Dengan mengkonsumsi sayuran ini, akan menurunkan berat badan Anda.

Selain itu Kandungan folat yang tinggi sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil dan janin. manfaat asparagus untuk bayi.

Nah, asparagus merupakan sumber folat yang bermanfaat untuk kebutuhan ibu hamil dan janin. khasiat asparagus untuk menghindari cacat lahir pada bayi dalam kandungan dan memaksimalkan sel-sel saraf pada janin.

What do you think?

Written by Jesica Putri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.