in

12+ Cara Memasak Makanan Agar Tetap Rendah Kolesterol Dan Lemak

Pengolahan Makanan Rendah Kolesterol

Bagaimana caranya memasak makanan agar tetap rendah kolesterol dan lemak? Inilah pertanyaan yang umum ditanyakan tiap orang yang ingin menerapkan gaya hidup sehat, terutama dalam hal makanan. Bukan rahasia lagi, jika pengolahan makanan ini berperan besar dalam menentukan makanan yang kita komsumsi itu sehat atau tidak, walaupun bahan makanan tersebut merupakan bahan makanan segar dan bermanfaat.

Cara Memasak Makanan Agar Tetap Rendah Kolesterol Dan Lemak:

1. Hindari Menggoreng:

Saat memasak makanan yang bersumber dari protein hewani, sebaiknya hindari memasak dengan cara menggoreng. Seperti kita ketahui, menggoreng makanan menimbulkan berbagai dampak merugikan kesehatan, seperti: meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes melitus, sampai kanker dan penyakit kronis. Pilihlah memasak makanan dengan merebus, memanggang, memepes, atau bisa memambahkan sedikit minyak untuk menumis, agar makanan yang kita komsumsi tetap sehat dan tetap rendah kolesterol dan lemak.

meal gec9d63572 1280

2. Gunakan Wajan Anti Lengket:

Jika memutuskan untuk menumis makanan, sebaiknya gunakan wajan anti lengket lalu berikan sedikit minyak goreng atau cooking oil spray. Jika dalam memasak, dirasa masih kering, bisa ditambahkan sedikit air untuk membantu proses penguapan.

3. Lapisi Makanan Dengan Daun Pisang:

Jika ingin memanggang makanan, sebaiknya pilih dengan melapisi makanan dengan daun pisang. Hindari mengoleskan margarine pada makanan yang ingin di panggang. Baiknya memasak dengan cara dipanggang adalah akan melumerkan dan membuang lemak pada bahan makanan.

4. Ganti Santan:

Bukan rahasia lagi jika santan memberikan kelezatan yang istimewa pada makanan. Tapi, bukan rahasia juga jika santan yang dimasak bersama makanan tidak baik untuk kesehatan. Seperti kita ketahui, santan masuk ke dalam kategori lemak jenuh yang bisa meningkatkan kadar trigliserida. Jika ini berlangsung terus menerus, maka akan meningkatkan resiko Anda untuk terkena sindrom metabolik dan penyakit jantung.

Jika Anda ingin memasak makanan yang bersantan, Anda dapat menggantinya dengan susu kedelai yang lebih baik untuk kesehatan.

5. Buang Kulit Tempat Menempelnya Lemak:

Buanglah kulit beserta lemak yang tampak sebelum Anda memasak daging sapi atau ayam.  Untuk informasi, bagian dada ayam kadar lemaknya lebih rendah dari pada bagian lain pada ayam.

6. Masukkan Makanan Berkaldu Dalam Lemari Es:

Cara memasak makanan agar tetap rendah kolesterol dan lemak adalah dengan memasukkan makanan berkaldu ke dalam lemari es selama 1 – 2 jam. Setelah itu cek, jika ada lemak beku yang mengapung di permukaan, segera angkat.

Baca Juga: Anjuran Dan Aturan Komsumsi Buah Dan Sayur Menurut WHO

7. Susu Rendah Lemak Solusi Terbaik:

Jika ingin meminum susu, ada baiknya memilih susu rendah lemak. Susu rendah lemak salah satunya bermanfaat memelihara kesehatan jantung kita.

8. Pilih Mayones Yang Rendah Lemak:

Dalam pembuatan salad, biasanya ditambahkan mayones sebagai ‘bumbu’ pelengkapnya. Sebaiknya mayones yang kita pilih adalah mayones yang rendah atau tanpa lemak. Kita juga bisa mengganti mayones dengan yoghurt rendah atau tanpa lemak, agar buah atau makanan yang kita komsumsi tetap sehat dan tidak menambah kadar lemak di dalamnya.

9. Gunakan Bumbu Sederhana:

Dari pada memasak makanan yang kaya lemak, seperti penambahan susu maupun santan, lebih baik menggunakan bumbu sederhana dalam meracik makanan, contohnya adalah: sayur bening maupun sup bening.

Pengolahan Makanan Sehat

10. Olesan Tipis-Tipis:

Saat mengoles roti untuk sarapan, pilihlah margarin yang tak jenuh. Selain itu oleslah margarin tadi tipis-tipis saja di permukaan roti.

11. Hindari Komsumsi Olahan Daging

Cara memasak makanan agar tetap rendah kolesterol dan lemak selanjutnya adalah dengan  menghindari komsumsi olahan daging, seperti: sosis dan nugget. Umumnya makanan ini mengandung lemak jenuh dan tinggi kalori.
Namun, jika Anda tetap ingin mengkomsumsi olahan daging ini, Anda bisa mensiasatinya dengan mengkomsumsi dalam porsi yang kecil dengan ditambah banyak sayuran, kacang merah, maupun kacang polong.

Baca Juga: Vitamin Yang Ampuh Menurunkan Kolesterol Jahat Dalam Tubuh Anda!

12. Sayuran Mentah Lebih Baik?

Tidak semua makanan, baik dikomsumsi mentah, begitu juga sebaliknya. Ada beberapa sayuran yang baik dikomsumsi mentah dan ada juga beberapa makanan yang baik dikomsumsi dengan dimasak.

Sayuran yang baik dikomsumsi mentah seperti: mentimum, kemangi, tomat, kacang panjang, paprika, maupun selada. Adapun sayuran yang baiknya dimasak adalah: jagung, bayam, kangkung, daun singkong, daun katuk, pak choy, wortel, dll.

What do you think?

Written by Edy Irawan

Seorang Perawat Yang Gemar Menulis Dan Membaca Buku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.